Pencarian Eril di Sungai Aare Dilanjutkan Hari Ini, Penyelam Diterjunkan

Zunita Putri - detikNews
Sabtu, 28 Mei 2022 13:12 WIB
Jakarta -

Pencarian anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), dilanjutkan hari ini. Penyelam akan diterjunkan dalam pencarian kali ini.

"Hari ini, Sabtu, 28 Mei 2022, Tim SAR masih akan melanjutkan upaya pencarian Eril. Metode pencarian pagi ini lebih intensif, yaitu dengan perahu atau boat search, juga menggunakan drone untuk menyisir tepian Aare, dan melakukan penyelaman," ujar Dubes Swiss untuk RI Muliaman D Hadad saat konferensi pers, Sabtu (28/5/2022).

Muliaman mengatakan situasi Sungai Aare saat ini keruh, sehingga akan dilakukan penyelaman. Dia berharap tim penyelam tidak mengalami kendala karena keruhnya air.

"Tentu saja penyelaman dilakukan karena situasi. Sebab, kalau air keruh karena bekas hujan atau salju. Karena Sungai Aare ini datangnya dari air salju yang meleleh sehingga relatif dingin suhunya dan biasanya salju meleleh ada kristal-kristal putih yang kadang membuat warna air keruh sehingga menyulitkan penyelaman," paparnya.

"Tapi pada dasarnya otoritas menyiapkan beberapa macam metode dan available disesuaikan situasi setempat di dalam setiap proses pencarian," lanjutnya.

Tim yang akan diterjunkan hari ini ada 20 orang. Tim itu terdiri atas unsur polisi, polisi medis, dan pemadam kebakaran yang akan mengoperasikan drone untuk pencarian.

"Lokasi pencarian adalah di area Wallensea, yang mencakup sepanjang 8 km wilayah Sungai Aare," katanya.

Pencarian Eril akan dimulai sekitar pukul 8 pagi waktu Swiss atau sekitar 13.30 WIB. Muliaman berharap cuaca akan memungkinkan untuk dilakukan proses pencarian.

(zap/hri)