Refly Harun Tepis Testimoni Penculik 12 Anak, Singgung Kriminalisasi

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Sabtu, 28 Mei 2022 07:35 WIB
Pakar hukum
Refly Harun (Muhammad Ridho/detikcom)
Jakarta -

Rizal Afif (28), tersangka kasus penculikan 12 anak di Jakarta, Tangerang Selatan, dan Bogor, membuat pengakuan soal pernyataannya dalam podcast bersama Refly Harun. Refly Harun menepis mentah-mentah pernyataan Rizal Afif.

"Rupanya saya harus mengklarifikasi video yang tiba-tiba beredar. Itu adalah fitnah terhadap diri saya, fitnahnya pokoknya 100 persen fitnah semua," ujar Refly dalam akun YouTubenya seperti dilihat Sabtu (28/5/2022). Refly awalnya dimintai konfirmasi langsung mengenai testimoni Rizal Afif, namun dia meminta untuk melihat penjelasannya lewat YouTube.

Refly lantas menampilkan cuplikan video pengakuan Rizal Afif yang beredar di media sosial. Dalam video berdurasi 2 menit 2 detik itu, Rizal Afif mengungkapkan awal mula kenal dengan Habib Bahar bin Smith.

Afif mengaku sebagai murid Habib Bahar bin Smith dan dikenalkan oleh sejumlah tokoh yang datang membesuk ke Lapas Gunung Sindur, salah satunya adalah Refly Harun. Rizal Afif juga mengatakan Habib Bahar pernah berpesan kepadanya agar mau bersaksi bahwa Habib Bahar tidaklah radikal ketika bebas dari Lapas Gunung Sindur.

Setelah bebas dari Lapas Gunung Sindur, Afif mengaku diundang ke podcast Refly Harun dan membuat pengakuan bahwa dirinya adalah mantan narapidana terorisme. Rizal Afif juga mengatakan diberi uang 7 juta oleh Refly Harun setelah mengisi podcast tersebut.

Kembali ke video klarifikasi Refly, dia juga mengundang Ustaz Dewa. Ustaz Dewa disebut sebagai orang yang memperkenalkan dirinya dengan Rizal Afif pada 9 Februari.

Dewa mengetahui Rizal Afif sebagai mantan napi teroris berdasarkan pengakuan Rizal. Dewa mengaku tidak menerima info itu dari orang lain tapi dari Rizal langsung.

Simak halaman selanjutnya

Lihat juga Video: Polisi Selamatkan Gadis yang Dibawa Kabur Sang Kekasih

[Gambas:Video 20detik]