Muncul Spanduk Dukungan Maju Pilpres 2024, Firli Bahuri Buka Suara

M Hanafi - detikNews
Jumat, 27 Mei 2022 14:25 WIB
(dok. istimewa/tangkapan layar dari kanal YouTube KPK)
Firli Bahuri (Foto: dok. istimewa)
Jakarta -

Spanduk berisi tulisan dukungan terhadap Ketua KPK Firli Bahuri agar maju Pilpres 2024 muncul. Firli pun buka suara.

"Jika itu dimaksudkan untuk mendukung KPK, untuk memberantas korupsi, kami ucapkan terima kasih. Tapi untuk dipahami bahwa saya tidak terpengaruh dengan isu capres dan pencapresan," ujar Ketua KPK Firli Bahuri dalam keterangannya, Jumat (27/5/2022).

Firli mengatakan dirinya sudah berulang kali tidak ingin dikaitkan dengan isu pilpres. Dia menegaskan ingin fokus bekerja di KPK hingga jabatannya berakhir pada 2023.

"Saya fokus kerja untuk memberantas korupsi dan saya akan selesaikan tugas saya selaku Ketua KPK sampai tuntas akhir 2023," ujarnya.

Dia mengaku hanya ingin bekerja agar Indonesia bebas dari korupsi. Dia mengatakan hal itu tak bisa dilakukan sendiri sehingga dirinya mengajak orang lain ikut mendukung KPK memberantas korupsi.

"Saya hanya ingin Indonesia bebas dari korupsi. Saya orang kampung dari petani miskin dan saya hanya kerja, kerja. Mari bersama KPK untuk berantas korupsi dan kita semua tentu menginginkan Indonesia bersih dan bebas dari korupsi," sambungnya.

Firli juga menyebut KPK saat ini punya program terkait pemilu. KPK tengah menggelar program Politik Cerdas Berintegitas.

"Saat ini KPK sedang melakukan pendidikan politik cerdas dan berintegritas untuk semua parpol, penyelenggara pemilu dan peserta pemilu termasuk para penjabat kepala daerah," kata Firli.

"Pemberantasan korupsi harus melibatkan seluruh kamar kekuasaan dan partai politik, serta dilaksanakan secara harmoni, in harmonia progressio," sambungnya.

Plt Jubir KPK Ali Fikri menegaskan pemasangan spanduk tersebut bukan program KPK. Dia mengatakan KPK tak ingin terpengaruh isu Pilpres 2024.

"Pemasangan baliho tersebut, kami pastikan bukan program KPK. Isu politik, khususnya pemilihan Presiden-Wakil Presiden pada 2024, terus mengemuka. Kami berharap isu ini tidak mengganggu fokus kerja pemberantasan korupsi yang menjadi komitmen KPK," ujar Ali.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.