Tim Polda Metro Raih Juara Pertama Festival Musik Bhayangkara 2022

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 27 Mei 2022 13:32 WIB
Polda Metro Jaya meraih juara di Festival Musik Bhayangkara 2022 (Istimewa)
Foto: Polda Metro Jaya meraih juara di Festival Musik Bhayangkara 2022 (Istimewa)
Jakarta - Polda Metro Jaya meraih gelar juara pada Final Festival Musik Bhayangkara 2022. Tim Polda Metro Jaya mendapat gelar Juara 1 yang dimenangkan Tim Pemuja Setu dan Juara Terunik oleh Tim Duo Marthalufias.

Lomba tersebut digelar di Yogyakarta pada Kamis (26/5). Pemberian piala dan hadiah diberikan langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Dalam sambutannya dia mengatakan festival ini sebagai bentuk Polri membuka ruang demokrasi dan berekspresi masyarakat.

"Kami institusi Polri berusaha untuk terus menerus memperbaiki diri, khususnya dalam membuka ruang-ruang demokrasi. Jika tahun lalu dalam situasi saat itu mencoba untuk memberikan ruang ekspresi bagi masyarakat dan rekan-rekan kita lomba mural dan orasi," kata Listyo dalam keterangannya, Jumat (27/5/2022).

Listyo mengatakan pihaknya selalu terbuka terhadap kritik yang dilontarkan masyarakat. Dia pun menyebut musik bisa menjadi medium kritik kepada institusi yang dipimpinya.

"Kita mencoba memanfaatkan musik sebagai kegiatan yang bisa digunakan untuk menyampaikan ekspresi. Jadi ini ruang-ruang demokrasi yang coba kita bangun dalam rangka dilakukan karena kita lihat bahwa banyak seniman-seniman besar menyampaikan ekspresi-ekspresinya melalui musik," ungkapnya.

Listyo menambahkan, tahun ini sudah mendekati tahun politik. Polri berharap masyarakat bisa memanfaatkan sarana berekspresi ini dengan semaksimal mungkin.

"Kami akan terus mendorong hal-hal seperti ini (festival musik untuk mendorong demokrasi) sehingga posisi bagaimana kita menghadapi di tahun politik ini tentunya akan banyak kegiatan-kegiatan menjadi bagian ekspresi, bagaimana ruang-ruang demokrasi kita manfaatkan dengan baik," imbuhnya.

Lebih lanjut dia berharap masyarakat untuk tidak ragu dalam menyampaikan aspirasi maupun kritik kepada Polri.

"Kami Polri tentunya siap mengawal ruang-ruang demokrasi tentunya ini menjadi bagian yang harus diisi sebagai bentuk kritis kita. Bentuk kepedulian kita, bentuk kegiatan kita terhadap masyarakat dan negara," tutupnya.

Terkait pemenang dalam perlombaan tersebut, Tim Pemuja Setu Polda Metro Jaya yang mengusung music jenis Smallcoustic mendapatkan Rp200 juta. Di satu sisi bagi Juara Terunik oleh Tim Marthalufias mendapat Rp 50 juta.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan selaku pembina dan penanggung jawab tim musik festival dari Polda Metro Jaya mengucapkan rasa syukur dan bangga atas keberhasilan yang diraih oleh Tim Polda Metro Jaya. Dia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran.

Zulpan berharap kegiatan tersebut bisa dilakuka rutin tiap tahunnya. Festival musik Bhayangkara piala Kapolri ini diharap bisa dilaksanakan secara berlanjut setiap tahun untuk meningkatkan dan membina masyarakat sesuai arahan Kapolri.

Berikut daftar pemenang Festival Musik Bhayangkara 2022:
Juara I: Smallcoustic Polda Metro Jaya mendapatkan Rp 200 juta.

Juara II: Tiang Gangsal, Polda Jatim mendapatkan Rp 125 juta.

Juara III: 86 Akustik dari Polda Sulsel mendapatkan Rp 65 juta.

Kategori terfavorit: Yusten Bentar Kaesmetan, Polda NTT mendapatkan Rp 50 juta.

Kategori terunik: Marthalufias dari Polda Metro Jaya mendapatkan mendapatkan Rp 50 juta.

Finalis mendapatkan Rp 30 juta.

(ygs/mei)