Kapolri Ingin Jaga Ruang Ekspresi, Tegaskan Polri Siap Dikritik

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 27 Mei 2022 10:28 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menutup Festival Musik Bhayangkara 2022 di Yogyakarta, Kamis (26/5/2022).
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menutup Festival Musik Bhayangkara 2022 di Yogyakarta (Heri Susanto/detikJateng)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menutup kegiatan festival musik jalanan. Jenderal Sigit ingin musik menjadi media untuk mengekspresikan diri dengan cara positif.

Sebagaimana diketahui, festival musik ini digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-76. Acara digelar di museum Benteng Vrederburgh, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kamis (26/5/2022) malam.

"Baru saja kita melaksanakan kegiatan penganugerahan terhadap 10 peserta finalis terbaik festival musisi jalanan yang kita selenggarakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun Bhayangkara ke-76. Tentunya ini bagian dari rangkaian yang ada," kata Sigit.

Menurut Sigit, kegiatan ini mewakili komitmen dari Polri yang terus berbenah dan memperbaiki diri dalam memberikan wadah atau membangun ruang demokrasi. Hal ini agar persatuan tetap terjaga.

Sigit menjelaskan bahwa Polri telah membuat beberapa kegiatan untuk masyarakat menyampaikan aspirasi dan ekspresinya. Sebelum festival musik ini, Korps Bhayangkara juga telah menggelar lomba mural dan orasi.

"Maka hari ini kita ajak rekan-rekan untuk memanfaatkan musik sebagai bagian dari kegiatan perayaan hari bhayangkara, untuk bisa digunakan menyampaikan ekspresi. Jadi ini ruang-ruang demokrasi yang kita bangun untuk selalu dimanfaatkan. Karena kita lihat banyak seniman-seniman besar yang kemudian juga menyampaikan ekspresi-ekspresi melalui musik," ujar mantan Kabareskrim Polri ini.

Lihat juga video 'Namanya Masuk Bursa Pj Gubernur DKI, Kapolda Fadil Imran : Saya Tak Berminat!':

[Gambas:Video 20detik]