JK Kenang Buya Syafii: Kita Kehilangan Negarawan Pembimbing Kita Semua

M Taufiqqurrahman - detikNews
Jumat, 27 Mei 2022 12:49 WIB
Jusuf Kalla
Foto: Jusuf Kalla (dok. Istimewa)
Jakarta -

Wakil Presiden RI ke-10 dan 12, Jusuf Kalla (JK) berduka atas wafatnya mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif. JK menyebut almarhum sebagai seorang guru bangsa dan negarawan.

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Kami sekeluarga dan seluruh pengurus Dewan Masjid Indonesia mengungkapkan duka cita yang mendalam atas berpulangnya almarhum bapak Syafii Maarif yang selama ini menjadi guru bangsa, negarawan pembimbing kita semua," kata JK dalam keterangannya, Jumat (27/5/2022).

JK menuturkan Syafii Maarif banyak berjasa bagi organisasi Muhammadiyah dan Indonesia. JK mendoakan agar almarhum diberi tempat terbaik.

"Beliau telah banyak berjasa bagi organisasi Muhammadiyah dan masyarakat Indonesia. Mari kita mendoakan almarhum agar mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran" ujarnya.

Hubungan JK dan Ahmad Syafii Maarif terbilang sangat dekat. Istilah JK sebagai the real Presiden saat mendampingi SBY selaku wakil Presiden, terlontar dari almarhum. Yang kemudian diluruskan oleh Jusuf Kalla, bahwa dirinya seorang the real vice President.

Kabar meninggalnya Buya Syafii Maarif awalnya disampaikan Menko Polhukam Mahfud Md. Dia mengatakan Buya Syafii Maarif meninggal di Yogyakarta.

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Telah wafat Buya Ahmad Syafii Maarif, mantan Ketua PP Muhammadiyah pada hari ini jam 10.15 di Yogyakarta," kata Menko Polhukam Mahfud Md di Twitter, Jumat (27/5).

Mahfud Md menyebut umat Islam kehilangan tokoh besar dalam sosok Buya Syafii Maarif. Mahfud Md mendoakan Buya Syafii Maarif mendapat surga Allah SWT.

Jenazah Buya Syafii Maarif akan disemayamkan dan disalatkan di Masjid Gede Kauman siang ini. Jenazah Buya Syafii Maarif kemudian akan dimakamkan di Pemakaman Muhammadiyah di Dusun Donomulyo, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulonprogo.

(dek/dek)