PBNU Berduka Buya Syafii Maarif Wafat: RI Kehilangan Sesepuh Bangsa

Haris Fadhil - detikNews
Jumat, 27 Mei 2022 12:06 WIB
gedung PBNU
Gedung PBNU (nu.or.id)
Jakarta -

Mantan Ketum PP Muhammadiyah Syafii Maarif meninggal dunia. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) berduka.

"Turut berduka atas meninggalnya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif. Semoga beliau husnul khatimah, diterima amal ibadahnya, dan diampuni kesalahannya," tulis PBNU dalam akun Instagram resminya, Jumat (27/5/2022).

PBNU menyebut Indonesia kehilangan sesepuh bangsa. PBNU mendoakan agar segala amal ibadah Buya Syafii Maarif diterima Allah.

"Indonesia kembali kehilangan sesepuh bangsa," tulis PBNU di akun Twitter resminya.

Sementara itu, Ketua PBNU Ahmad Fahrur Rozi (Gus Fahrur) menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Buya Ahmad Syafii Maarif. Gus Fahrur mengenang sosok Buya Syafii yang menurutnya sebagai cendekiawan terbaik bangsa Indonesia.

"Saya selaku ketua PBNU mengucapkan belasungkawa dan duka cita sedalam-dalamnya atas wafatnya almarhum bapak Prof. Dr. K.H. Ahmad Syafii Maarif atau akrab disapa Buya Syafii," kata Gus Fahrur dalam keterangannya, Jumat (27/5/2022).

"Kita mengenang beliau sebagai salah seorang ulama dan cendekiawan terbaik bangsa Indonesia yang pernah menjabat Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Presiden World Conference on Religion for Peace (WCRP) dan pendiri Maarif Institute," imbuhnya.

Selain itu sosok Buya Syafii di mata Gus Fahrur dikenal sebagai pemimpin yang santun, rendah hati, dan sangat sederhana. Serta dapat menjalin kerjasama yang baik dengan semua golongan, termasuk dengan kalangan masyarakat Nahdliyyin.

"Beliau almarhum orang baik dan wafat khusnul khotimah di hari Jum'at yang mulia, semoga almarhum senantiasa dalam limpahan Rahmat dan maghfirah Allah SWT," imbuhnya.

Sebelumnya, kabar meninggalnya Buya Syafii Maarif awalnya disampaikan Menko Polhukam Mahfud Md. Dia mengatakan Buya Syafii Maarif meninggal di Yogyakarta.

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Telah wafat Buya Ahmad Syafii Maarif, mantan Ketua PP Muhammadiyah pada hari ini jam 10.15 di Yogyakarta," kata Menko Polhukam Mahfud Md di Twitter, Jumat (27/5/2022).

Mahfud Md menyebut umat Islam kehilangan tokoh besar dalam sosok Buya Syafii Maarif. Mahfud Md mendoakan Buya Syafii Maarif mendapat surga Allah SWT.

"Ummat Islam dan bangsa Indonesia kehilangan lagi salah seorang tokoh besarnya. Semoga Buya Syafii diampuni segala dosanya dan mendapat surga-Nya," kata Mahfud Md.

Jenazah Buya Syafii Maarif akan disemayamkan dan disalatkan di Masjid Gede Kauman siang ini. Jenazah Buya Syafii Maarif kemudian akan dimakamkan di Pemakaman Muhammadiyah di Dusun Donomulyo, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo.

Simak video 'Mengenang Perhatian Buya Syafii Maarif kepada Kalangan Minoritas':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/dhn)