Panitia Pastikan Tak Ada Penjualan Bir di Formula E Jakarta 4 Juni

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 27 Mei 2022 11:37 WIB
Pembangunan lintasan Sirkuit Formula E di Jakarta telah rampung. Kini Jakarta International E-Prix Circuit menyisakan pemasangan infrastruktur tambahan.
Foto: Sirkuit Formula E Jakarta (Pradita Utama/detikcom).
Jakarta -

Ketua Pelaksana Formula E Ahmad Sahroni memastikan tidak ada penjualan bir maupun pemasangan logo bir di ajang Formula E Jakarta. Hal ini diputuskan setelah adanya perundingan dengan Formula E Operation (FEO).

"Perlu ditegaskan bahwa tidak ada penjualan bir dan logo perusahaan bir di ajang Jakarta E-Prix. Selain itu perlu diketahui juga bahwa Heineken adalah sponsor global FEO, yang hadir dalam seluruh seri balapan Formula E di berbagai kota, termasuk di Diriyah, Arab Saudi," kata Sahroni kepada wartawan, Jumat (27/5/2022).

Sahroni juga memastikan tidak akan ada penggunaan sampanye beralkohol saat penyerahan pemenang ajang Formula E Jakarta. Selain itu, logo perusahaan bir asal Belanda itu bakal diganti tagline 'When you drive, never drink'.

"Selain itu, tidak akan ada penggunaan champagne beralkohol dalam acara penyerahan piala juara. Logo diganti dengan tagline berbunyi, 'When you drive, never drink'," katanya.

Politikus NasDem itu menekankan, FEO menghormati nilai-nilai masyarakat di negara yang menjadi penyelenggara Formula E. FEO disebut bakal melakukan penyesuaian dengan budaya lokal negara penyelenggara Formula E.

"Pihak FEO, Heineken, dan perusahaan lainnya pun menjunjung tinggi budaya lokal dan nilai-nilai masyarakat negara yang menjadi tuan rumah gelaran Formula E. Jadi mereka akan menyesuaikan dengan kondisi di negara masing-masing. Ini adalah komitmen yang sudah ditegaskan sejak awal," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Salah satu sponsor global Formula E Jakarta adalah perusahaan merek bir Heineken. Ahmad Sahroni mengatakan tak bisa mencampuri sponsor global dari Formula E Operation (FEO).

"Itu global punya, sponsor langsung FEO. Bukan urusan dalam negeri. Masak urusan mereka kita ikut campur," kata Sahroni kepada wartawan, Rabu (25/5/2022).

Deretan sponsor global untuk Formula E Jakarta 4 Juni antara lain ABB, Julius Bar, Michelin, perusahaan bir Heineken, perusahaan anggur Mo√ęt & Chandon, perusahaan jam tangan TAG Heuher, serta perusahaan penyedia jasa kurir DHL. Perusahaan lainnya adalah BOSS, Antofagasta PLC, Enel X Way, Copper.co, Bosch, Allianz, serta perusahaan maskapai penerbangan Saudia.

Simak video 'Serba-serbi Formula E: Mulai Sponsor Bir Sampai Replika Mejeng di HI':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/gbr)