6 Perahu Nelayan di Rembang Tenggelam Diterjang Ombak-Angin Kencang

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 27 Mei 2022 00:35 WIB
Perahu milik nelayan di Kecamatan Rembang disapu ombak besar dan angin kencang, Kamis (26/5/2022) siang.
Perahu nelayan di Rembang, Jateng. (Tangkapan Layar Video Amatir)
Jakarta -

Perahu milik nelayan di Desa Kabongan Lor dan Dukuh Jarakan, Desa Sukoharjo, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, kandas dan tenggelam. Kejadian itu disebabkan oleh ombak tinggi disertai angin kencang.

Terpaan ombak serta angin kencang pada Kamis (26/5) sekitar pukul 13.00 WIB mengakibatkan tali yang digunakan untuk memancang perahu terlepas. Perahu-perahu yang berjajar itu terombang-ambing saling benturan, hingga akhirnya kandas dan tenggelam.

Salah satu nelayan asal Desa Kabongan Lor, Mustaim, mengatakan ada lima perahu milik nelayan di desanya yang kandas dan tenggelam. Beruntung kelima perahu tersebut berhasil diselamatkan oleh warga yang bergotong royong membantu proses evakuasi.

"Masing-masing (perahu) punyanya Kukuh, Budi, Agus, Sarmanto, sama Young. Berhasil diselamatkan semuanya. Bareng-bareng tadi, warga gotong royong sampai sekitar pukul 16.00 WIB baru selesai," kata Mustaim seperti dilansir detikJateng, Jumat (26/5/2022).

Terpisah, Kepala Desa Sukoharjo Lilik, Haryanto, membenarkan kabar adanya satu perahu milik warganya yang tenggelam. Perahu itu juga berhasil diselamatkan dan sudah ditarik ke tepi pantai.

"Perahu tenggelam satu, milik Lismiyanto warga RT 02 RW 01. Perahu (sedang) sandar, anginnya terlalu kencang sejak siang hingga sore, jadi jangkarnya lepas," terang Lilik.

Baca selengkapnya di sini.

(rfs/rfs)