Sponsor Global Formula E Jakarta 4 Juni: Merek Bir hingga Produsen Ban

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 26 Mei 2022 11:01 WIB
Pembangunan lintasan Sirkuit Formula E di Jakarta telah rampung. Kini Jakarta International E-Prix Circuit menyisakan pemasangan infrastruktur tambahan.
Foto: Pradita Utama/detikcom
Jakarta -

Formula E Jakarta terhitung tinggal menghitung hari. Menjelang race atau balapan, sponsor global balap mobil listrik di Jakarta dibuka. Mereka terdiri atas merek bir hingga perusahaan jam tangan mewah.

Ada empat kategori sponsor untuk Formula E Jakarta, yakni sponsor utama, sponsor global, sponsor teknis, dan partner. Sponsor terdiri atas sejumlah perusahaan, di antaranya ABB, Julius Bar, Michelin, perusahaan bir Heineken, perusahaan anggur Mo√ęt & Chandon, perusahaan jam tangan TAG Heuher, serta perusahaan penyedia jasa kurir DHL.

Perusahaan lainnya adalah BOSS, Antofagasta PLC, Enel X Way, Copper.co, Bosch, Allianz, serta perusahaan maskapai penerbangan Saudia. Lantas bagaimana dengan sponsor dalam negeri?

Ketua Pelaksana Formula E Jakarta Ahmad Sahroni mengatakan sponsor dalam negeri akan segera diumumkan.

"Sponsor dalam negeri nanti kita info ya," ujar Sahroni, Rabu (25/5/2022).

Direktur Jakpro Gunung Kartiko sempat menyatakan sudah mendapat sponsor dalam negeri untuk Formula E Jakarta. Namun Gunung enggan memerinci apa saja perusahaan yang menjadi sponsor Formula E. Dia hanya memberi bocoran sponsor datang dari berbagai industri, mulai perbankan hingga otomotif.

"Yang pertama dari bank lokal, bank swasta, kemudian ada juga yang nasional, perusahaan digital juga sudah ada, kemudian electricity company, perusahaan listrik ya, F&B; (food and beverage) ada juga beberapa, kita juga ada hospitality perhotelan, kemudian dari sisi kesehatan ada, telco company dan otomotif," Gunung, Rabu (25/5).

Penjelasan Sponsor Merek Bir

Sponsor global Formula E Jakarta terpampang di situs Jakarta E-Prix. Ketua Pelaksana Formula E Jakarta Ahmad Sahroni mengatakan sponsor yang tercantum di situs resmi tersebut bukan sponsor dalam negeri, melainkan sponsor global dari Formula E Operation (FEO).

"Benar, itu sponsor global Formula E Operation," kata Ahmad Sahroni.

Terkait sponsor merek bir, Sahroni mengatakan pihaknya tidak bisa ikut campur.

"Bukan urusan dalam negeri. Masak urusan mereka kita ikut campur," ucapnya.

Formula E Jakarta Hitungan Hari

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut seluruh mobil listrik Formula E telah tiba di Jakarta. Balap Formula E bakal digelar 4 Juni.

"Semua kendaraan sudah tiba di Jakarta sekarang dalam proses penyiapan untuk bisa dirakit kembali karena semua diterbangkan sudah tiba," kata Anies saat ditemui di Universitas Gadjah Mada (UGM), Rabu (25/5).

Anies menyebut segala persiapan untuk gelaran Formula E berjalan dengan baik.

"Kemudian persiapan di lokasi juga sudah berjalan dengan baik. Insyaallah 4 Juni berjalan lancar," ucapnya.

Simak Video: PSI Pertanyakan Sponsor Formula E: APBD Semua?

[Gambas:Video 20detik]



(idn/gbr)