Gereja Katedral Jakarta Gelar Misa Kenaikan Isa Almasih, Jemaah Terbatas

Anggi Muliawati - detikNews
Kamis, 26 Mei 2022 09:48 WIB
Suasana misa kenaikan Isa Almasih di Gereja Katedral Jakarta (Anggi-detikcom)
Foto: Suasana misa kenaikan Isa Almasih di Gereja Katedral Jakarta (Anggi-detikcom)
Jakarta -

Gereja Katedral Jakarta menggelar ibadah kenaikan Isa Almasih hari ini. Sebanyak 1.300 bangku telah disiapkan untuk ibadah.

"Jumlah kapasitas yang dapat masuk di area dalam gereja, aula atas dan Plaza Maria adalah 1.300-1.400 orang, yang mana masih belum 100 persen dari kapasitas normal (hanya 75 persen)," kata Humas Katedral dan Keuskupan Agung Jakarta Susyana Suwadie kepada wartawan, Kamis (26/5/2022).

Susyana mengatakan ibadah Misa kali ini dapat diikuti oleh semua kalangan usia. Dia menyebut sudah tidak ada pembatasan lagi bagi siapapun.

"Tidak ada lagi pembatasan usia dalam mengikuti misa. Namun, bagi yang memiliki komorbid ataupun ibu yang tengah mengandung dapat mengikuti kisa dari rumah," katanya.

Menurutnya, siapapun dapat mengikuti ibadah peringatan kenaikan Isa Almasih. Selain itu, dia mengatakan untuk langit dan difabel akan diberikan area khusus.

"Area duduk lansia maupun berkebutuhan khusus diberikan area khusus. Protokol kesehatan tetap harus dilaksanakan, di dalam Gereja tetap harus menggunakan masker," katanya.

Ibadah peringatan kenaikan Isa Almasih di Gereja Katedral, Kamis (26/5) akan dimulai pukul 08.00 WIB dengan sistem offline dan online. Kemudian dilanjutkan pukul 11.00 WIB dan pukul 17.00 WIB dengan sistem offline.

Ibadah pukul 08.00 WIB akan dipimpin oleh Romo Alb Hani Rudi Hartoko. Ibadah pukul 11.00 WIH dipimpin oleh Romo Bernadus Ch Triyudo Prastowo, serta ibadah pukul 17.00 WIB dipimpin oleh Romo Y Edi Mulyono.

Pantauan detikcom pukul 09.15 WIB, area depan Gereja Katedral masih tampak sunyi. Sejumlah petugas gabungan juga terlihat berjaga di gerbang masuk.

Halaman parkir Gereja Katedral terlihat dipenuhi oleh kendaraan roda empat. Terlihat pintu masuk utama Gereja tertutup rapat.

(azh/azh)