4 Fakta Dugaan Tipu-tipu Medina Zein hingga Dipolisikan Uya Kuya

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 26 Mei 2022 07:34 WIB
Uya Kuya dan istri
Uya Kuya dan istri (Wildan Noviansah/detikcom)
Jakarta -

Kasus dugaan penipuan jual beli mobil menyeret Medina Zein. Artis Uya Kuya merasa dirugikan atas dugaan penipuan ini akhirnya melaporkan Medina Zein ke Polda Metro Jaya.

Medina Zein dilaporkan Uya Kuya pada Polda Metro Jaya pada Kamis (12/5) lalu. Laporan Uya Kuya teregister dengan bernomor LP/B/2306/V/2022/SPKT/Polda Metro Jaya.

Medina Zein dilaporkan atas tuduhan penipuan melalui media elektronik dan/atau penipuan dan/atau penggelapan dan/atau TPPU Pasal 28 ayat (1)junctoPasal 45A ayat (1) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE dan/atau Pasal 378 KUHP dan/atau Pasal 372 KUHP dan/atau Pasal 3,4,5 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang TPPU.

Pada Rabu (25/5) kemarin, Uya Kuya diperiksa polisi sebagai korban untuk pertama kalinya dengan membawa setumpuk bukti. Uya Kuya mendapatkan banyak pertanyaan dari penyidik terkait laporannya terhadap Medina Zein itu.

"Ada berkas barang buktinya segini, setumpuk. Iya udah ada (bukti transfer palsu). Udah gue bawa semua keterangan dari banknya, rekening koran dari bank hari itu," ujar Uya Kuya di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (25/5).

Berikut fakta-fakta Uya Kuya melaporkan Medina Zein soal dugaan penipuan ke polisi:


1) Alasan Uya Kuya Polisikan Medina Zein


Uya Kuya mengungkapkan awalnya sempat menawarkan Medina Zein untuk menyelesaikan kasus tersebut secara damai. Akan tetapi, Uya Kuya justru digertak dan diancam akan dilaporkan terkait UU ITE, sehingga ia memutuskan untuk mengambil langkah hukum terhadap Medina Zein.

"Katanya ada pasal pengancaman, padahal saya nggak ngancam sama sekali. Terus UU ITE dan sebagainya terus saya diomeli, dimarahin," ujar Uya Kuya.

Di sisi lain, Uya Kuya melaporkan Medina Zein untuk memberikan efek jera. Uya Kuya menyebutkan banyak orang yang menjadi korban dugaan penipuan Medina Zein.

"Ternyata banyak korban lain yang mengalami hal yang sama di situ saya tergerak, ini nggak bisa dibiarin. Kalau nggak, sampai kapan dia akan melakukan hal ini berulang pada orang lain," kata dia.

"Saya laporin biar dia ada efek jera, biar menyesali perbuatannya, biar dia tobat dan hidup sebagai orang normal nantinya jangan jadi penipu terus," sambungnya.


Baca di halaman selanjutnya: awal mula Uya Kuya diduga kena tipu Medina Zein

Simak Video: Uya Kuya Polisikan Medina Zein

[Gambas:Video 20detik]