Syukuran Ultah ke-80 dan Peluncuran Buku, Jusuf Kalla: Saya Bahagia Sekali

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Kamis, 26 Mei 2022 01:17 WIB
Syukuran ultah Jusuf Kalla ke-80 sekaligus peluncuran buku (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Foto: Syukuran ultah Jusuf Kalla ke-80 sekaligus peluncuran buku (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Jakarta -

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) menggelar syukuran ulang tahun ke-80 sekaligus peluncuran buku 'Jusuf Kalla, Di Balik Beragam Isu'. JK mengaku sangat bahagia sekali.

"Sungguh sangat berharga untuk saya, sebenarnya kita dalam keluarga jarang ada budaya ulang tahun, karena ibu saya katakan, 'kau lahir sebelum puasa', kira-kira bulan Mei lah. Waktu masuk sekolah suruh tulis tanggal lahir, ya sudah tulislah tanggal itu," kata JK di The Opus Grand Ballroom, The Tribrata Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (26/5/2022).

JK sangat berbahagia syukuran ulang tahun ke-80 kali ini dihadiri kerabat dekatnya. Bagi JK, hidup itu harus bermanfaat tak hanya bagi keluarga saja, tapi juga masyarakat, bangsa dan negara.

"Pertama saya berbahagia sekali kehadiran bapak, ibu sekalian dan bagi saya hidup itu harus berarti harus dan bermanfaat, sering orang bertanya apa tujuan hidup? ya tentu agar bermanfaat bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara, sederhana, tapi untuk melaksanakan itu tentu butuh tadi, upaya-upaya bersama kita semua," ungkapnya.

Syukuran ultah Jusuf Kalla ke-80 sekaligus peluncuran buku (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)Foto: Syukuran ultah Jusuf Kalla ke-80 sekaligus peluncuran buku (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)

JK mengatakan kehidupannya sangatlah sistematis. Kata JK, tak ada satu kehidupannya yang tidak berjenjang, semuanya selalu teratur.

"Saya lahir di Bone, kabupaten besar di Makassar dan bekerja di Makassar. Kemudian ke Jakarta 20 tahun lalu. Jadi berjenjang saja, kabupaten, provinsi, nasional," imbuhnya.

JK mengatakan fase hidupnya itu mulai dari fase sekolah, bekerja, bisnis, hingga bekerja di pemerintahan. JK menyebut semua fase itu tak akan berjalan teratur tanpa bantuan dan kerja sama rekan sejawatnya.

"Fase hidup saya seperti itu, fase sekolahan, bekerja di bisnis dan fase kerja di pemerintahan. begitu selesai bisnis masuk di pemerintahan Sekarang terbalik kadang-kadang, di pemerintahannya terus bisnis. Semua dijalankan secara teratur. Semua itu atas bantuan dan kerja sama kawan-kawan semua, tanpa sahabat kita tak bisa sampai di sini," ujar JK.

Hari ini juga bertepatan dengan peluncuran buku yang berjudul 'Jusuf Kalla, Di Balik Beragam Isu'. Buku ini ditulis Hamid Awaludin dalam rangka ulang tahun JK ke-80.

"Buku ini saya tulis dalam rangka ulang tahun Pak JK ke-80," ujar Hamid.

"Menulis buku tentang JK itu sangat mudah, karena hati nuraninya selalu berbanding lurus dengan pikiran, dan pikirannya memandu aksinya, semua simetris dan transparan," ungkapnya.

Syukuran ulang tahun dan peluncuran buku Jusuf Kalla ini dihadiri Chairman CT Corp Chairul Tanjung, Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra, Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A Djalil, Ketum Partai Nasdem Surya Paloh, Mentan Syahrul Yasin Limpo dan sahabat Jusuf Kalla lainnya. Tak hanya itu, keluarga besar Jusuf Kalla-Mufidah Jusuf Kalla turut hadir dalam syukuran ini.

(whn/isa)