ADVERTISEMENT

Duduk Perkara Merek Bir Jadi Sponsor Global Formula E Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 25 Mei 2022 20:10 WIB
Pembangunan lintasan Sirkuit Formula E di Jakarta telah rampung. Kini Jakarta International E-Prix Circuit menyisakan pemasangan infrastruktur tambahan.
Formula E (Pradita Utama/detikcom)

Sponsor Formula E Sempat Dituding Gaib

Sebagaimana diketahui, persoalan sponsor ini diawal dengan munculnya keraguan dari sejumlah pihak terkait keberadaan sponsor Formula E. Salah satu yang menyampaikan keraguan itu yakni Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra. Dia sempat menuding sponsor Formula E gaib lantaran saat itu tidak kunjung diumumkan penyelenggara.

"Sangat tidak logis jika sponsor sampai saat ini logonya belum dipampang. Di mana-mana sponsor itu ditukar dengan exposure dan promosi, logo pemberi sponsor dipasang di mana-mana. Kalau tinggal kurang dari tiga minggu belum ada logo sponsor, sangat mungkin sponsornya gaib atau tidak nyata," kata Anggara dalam keterangannya, Selasa (17/5).

Anggara mengaku tak heran jika panitia penyelenggara Formula E kesulitan mencari sponsor. Sebab, kata dia, Formula E merupakan acara yang penuh ketidakjelasan.

"Kami tidak terkejut jika sponsor sulit didapatkan karena sponsor biasanya akan menginvestasikan uangnya ke acara yang jelas seluk beluknya dan memberi keuntungan kembali. Sedangkan Formula E banyak ketidakjelasan, mulai revisi studi kelayakan, jumlah penonton berubah-ubah, sampai mundurnya jadwal penjualan tiket. Sponsor pasti berhitung, layak atau tidak investasi di sini," ujarnya.

JakPro Beri Sanggahan

Saat itu, pihak JakPro pun menyanggah tudingan PSI soal sponsor gaib. JakPro mengklaim telah mendapatkan sponsor untuk Formula E Jakarta dan akan diumumkan segera.

"Alhamdulillah sponsorship sudah ada beberapa, cukup banyak. Dari sisi industri, saya bisa sampaikan bahwa cukup beragam yang menjadi sponsorship kita," kata Direktur JakPro Gunung Kartiko di Ancol, Jakarta Utara, Kamis (19/5).

Gunung enggan memerinci apa saja perusahaan yang menjadi sponsor Formula E. Dia hanya menyebut sponsor datang dari berbagai industri, mulai perbankan hingga otomotif.

"Yang pertama dari bank lokal, bank swasta, kemudian ada juga yang nasional, perusahaan digital juga sudah ada, kemudian electricity company, perusahaan listrik ya, F&B (food and beverage) ada juga beberapa, kita juga ada hospitality perhotelan, kemudian dari sisi kesehatan ada, telco company dan otomotif," ujarnya.


(maa/maa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT