Panglima TNI Ajukan Tambahan Alutsista untuk Perkuat Pertahanan IKN

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 25 Mei 2022 16:43 WIB
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa (YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa)
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa (YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa)
Jakarta -

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyebut pihaknya telah mengajukan penambahan alat utama sistem senjata (alutsista) TNI. Penambahan alutsista dibutuhkan untuk memperkuat pertahanan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur, yang disebut sangat rentan.

"Kalau alutsista, ya kita kan juga mengajukan penambahan kekuatan personel dan alutsista," kata Andika saat ditemui wartawan di Universitas Gadjah Mada (UGM), seperti dilansir dari detikJateng, Rabu (25/5/2022).

Andika berharap pemerintah menambah alutsista yang ada walaupun dia meyakini penambahan itu belum ideal.

"Tapi yang jelas kan kita juga tidak mungkin mendapatkan dukungan secara ideal. Yang penting apa yang kami miliki, kami berusaha untuk memaksimalkan gelar kami di sana," tegasnya.

Kendati demikian, dia menegaskan akan memaksimalkan pengamanan di IKN dengan alutsista yang ada saat ini. "Kalaupun yang baru belum ada, kita akan shifting relokasi dari aset-aset kami di titik-titik yang ada. Intinya ya harus kita buat maksimal pengamanan ibu kota baru," sebutnya.

Di sisi lain, mantan KSAD itu menjelaskan permasalahan alutsista adalah masalah kompleks. Sebab, selain menambah, ada juga melengkapi dan me-maintenance alutsista.

Simak berita selengkapnya di sini.

(fas/dhn)