Mahasiswa Tersangka Teroris Ditangkap di Malang, Ini 5 Faktanya

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 25 Mei 2022 14:28 WIB
Mahasiswa tersangka teroris ditangkap oleh Densus 88 Antiteror Polri di Malang, Jawa Timur. Mahasiswa tersebut diketahui berinisial IA.
Mahasiswa Tersangka Teroris Ditangkap di Malang, Ini Informasinya (Foto: Luthfy Syahban/detikcom)
Jakarta -

Mahasiswa tersangka teroris ditangkap oleh Densus 88 Antiteror Polri. Mahasiswa tersebut diketahui berinisial IA.

IA merupakan seorang mahasiswa di Malang, Jawa Timur. Berikut informasi selengkapnya yang telah dirangkum oleh detikcom.

Mahasiswa Tersangka Teroris Ditangkap di Malang

Densus 88 menangkap seorang mahasiswa berinisial IA di Malang, Jawa Timur. IA diketahui mengumpulkan dana untuk kelompok teroris ISIS. IA juga merupakan mahasiswa di kota tersebut.

IA Anggap Polisi Sebagai Musuh

Mahasiswa tersangka teroris telah ditangkap Densus 88 Antiteror Polri di Malang, Jawa Timur. Ternyata, IA melabeli polisi sebagai 'thogut' atau musuh.

"Penyerangan ke fasilitas milik 'thogut', yaitu polisi," kata Kabag Banops Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar saat dikonfirmasi, Rabu (25/5/2022).

Aswin mengatakan IA berencana menyerang dengan menggunakan fisik maupun senjata api atau senjata tajam.

"Caranya dengan fisik dan senjata (api atau tajam)" lanjut Aswin.

IA Pengumpul Dana untuk ISIS

Ramadhan menyebutkan, IA ditangkap pada Senin, (23/5/2022) sekitar pukul 12.00 WIB di Malang. IA disebut mengumpulkan dana untuk membantu ISIS di Indonesia.

"Keterlibatan IA yaitu yang bersangkutan melakukan pengumpulan dana untuk membantu ISIS di Indonesia," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brijen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Selasa (24/5/2022).

Selain itu, IA juga mengelola media sosial untuk menyebarkan materi-materi ISIS.

"Kemudian yang bersangkutan mengelola media sosial dalam rangka penyebaran materi-materi ISIS terkait dengan tindak pidana terorisme," ucap Ramadhan.

IA Berhubungan dengan Jamaah Ansharut Daulah (JAD)

Ramadhan menambahkan jika IA terhubung dengan teroris jaringan Jamaan Ansharut Daulah (JAD) inisial MR. MR juga sudah ditangkap polisi.

"Dan yang ketiga yang bersangkutan berkomunikasi secara intens dengan tersangka dari kelompok JAD atas nama MR yang sudah ditangkap, dalam rangka merencanakan amaliah terhadap fasilitas umum dan kantor-kantor polisi," katanya.

Densus 88 Tangkap Teroris Lain di Poso

Sebelumnya, Densus 88 Antiteror Polri menangkap seorang tersangka teroris jaringan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) berinisial MRW di Poso, Sulawesi Tengah. MRW secara sukarela menyerahkan diri ke pihak kepolisian.

"Iya betul. Telah menyerahkan diri 1 orang tersangka," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan, yang dikutip detikcom, Rabu, (25/5/2022).

Ramadhan mengatakan MRW menyerahkan diri pada Rabu (18/5/2022). MRW diketahui pernah mengikuti pelatihan teroris sebanyak dua kali dan sudah dibaiat oleh pemimpin ISIS.

Selain penangkapan mahasiswa tersangka teroris, Densus 88 menangkap 24 orang teroris jaringan MIT Poso dan ISIS. Sebagian dari mereka telah berbaiat kepada pemimpin baru ISIS, yaitu Abu Hasan al-Hashemi al-Qurashi.

"Di mana kita ketahui organisasi ISIS sudah memiliki pemimpin yang baru. Jadi beberapa orang ini telah melakukan baiat kepada pemimpin ISIS yang baru, yaitu Abu Hasan al-Hashemi al-Qurashi," demikian keterangan Ramadhan.

Simak Video: Polri: 16 Teroris NII Ingin Gulingkan Pemerintahan-Ubah Ideologi Negara

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)