ADVERTISEMENT

Jokowi Pamer Penurunan Karhutla dan 'Gas-Rem' Atasi Pandemi di GPDRR

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 25 Mei 2022 11:55 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: dok. Biro Pers Setpres)

Solusi atas Tantangan Risiko terhadap Bencana

Jokowi mengatakan tantangan kebencanaan yang berat dan bisa terjadi setiap saat harus membuat masyarakat dan pemerintah lebih sigap dan siaga. Jokowi pun menawarkan konsep resiliensi berkelanjutan sebagai solusi menjawab tantangan risiko sistemik dalam menghadapi semua bentuk bencana.

"Pertama kita harus memperkuat budaya dan kelembagaan siaga bencana yang antisipatif, responsif, dan adaptif menghadapi bencana. Pendidikan aman bencana serta kelembagaan pemerintahan dan sosial yang sinergis dan tanggap terhadap bencana harus menjadi prioritas kita bersama," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan setiap negara juga harus berinvestasi dalam sains, teknologi, dan inovasi, termasuk menjamin akses pendanaan dan transfer teknologi. Mantan Gubernur DKI itu menyatakan akses pendanaan merupakan isu penting yang harus kita tangani secara serius.

"Indonesia menyusun strategi pendanaan dan asuransi bencana dengan membentuk dana bersama atau pooling fund serta penggunaan dana pembangunan di tingkat desa, melalui Dana Desa untuk mendukung upaya mitigasi dan kesiapsiagaan," ujar Jokowi.

Hal lain yang disampaikan Jokowi adalah pentingnya infrastruktur yang tangguh bencana dan tangguh terhadap perubahan iklim. Jokowi menyinggung mitigasi infrastruktur fisik dan infrastruktur hijau seperti hutan mangrove, cemara udang, hingga vetiver.

"Perlindungan kepada masyarakat kelompok rentan yang bertempat tinggal di wilayah berisiko tinggi harus mendapatkan perhatian serius," imbuh Jokowi.

Terakhir, Jokowi mengajak semua pihak untuk berkomitmen untuk mengimplementasikan kesepakatan global di tingkat nasional. Jokowi juga mengatakan Indonesia sebagai negara rawan bencana mempunyai akumulasi pengetahuan dan pengalaman yang bisa menjadi pelajaran penting bagi dunia. Tapi di sisi lain Indonesia juga sangat ingin belajar dari pengalaman internasional.


(knv/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT