Wawalkot Cilegon soal Harta Naik Rp 1 M: Nilai Aset Tanah Naik

M Iqbal - detikNews
Rabu, 25 Mei 2022 11:34 WIB
Wakil Wali Kota Cilegon, Sanuji Pentamarta
Sanuji Pentamarta (Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta melaporkan harta kekayaannya naik Rp 1 miliar selama setahun menjabat. Kenaikan harta itu disebabkan naiknya harga tanah yang dimilikinya di Lebak, Banten.

Kenaikan harga tanah imbas pembangunan tol Serang-Rangkasbitung yang baru diresmikan tahun lalu. Harga tanah di Lebak, kata dia, mengalami kenaikan karena adanya akses tol tersebut.

"Kenaikan nilai aset tanah yang cukup tinggi ini salah satunya karena telah dibukanya akses tol Serang-Rangkasbitung, sehingga harga tanah yang berada di sekitar jalan masuk akses tol Rangkas, mengalami kenaikan yang cukup tinggi," kata Sanuji saat dikonfirmasi, Rabu (25/5/2022).

Dia mengatakan, dalam laporan tersebut, tidak ada penambahan aset apa pun selamat dia menjabat Wakil Wali Kota Cilegon mendampingi Helldy Agustian, yang hartanya mengalami penyusutan Rp 7,2 miliar.

"Meningkatnya karena ada penambahan penilaian pada aset tanah. Sebenarnya nggak ada penambahan aset apa-apa sih, hanya menggunakan teknik pencatatan akuntansinya saja," ungkapnya.

Menurutnya, dalam pencatatan laporan keuangan aset tanah dan bangunan dilaporkan terus mengalami kenaikan seiring bertambahnya tahun. Pencatatan itu menjadi dasar atas naiknya harta kekayaannya senilai Rp 1 miliar.

"Dalam pencatatan laporan keuangan, aktiva/aset tanah dan LM tiap tahun nya pasti mengalami kenaikan atau inflasi, nah dasar itulah yang dipakai dalam pencatatan laporan LHKPN ini," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, harta kekayaan Wali Kota Cilegon, Helldy Aguatian, susut Rp 7,2 miliar selama setahun menjabat. Berbeda dengan wakilnya, Sanuji Pentamarta, yang justru mengalami kenaikan Rp 1 miliar.

Baca berita lengkapnya pada halaman berikut.