Polisi Akan Cek Kejiwaan Pencuri HP yang Coba Lompat dari JPO Jaksel

Karin Nur Secha - detikNews
Rabu, 25 Mei 2022 08:49 WIB
JPO Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
JPO Mayestik, lokasi pria hendak loncat usai tepergok mencuri HP di Jaksel. (Karin/detikcom)
Jakarta - Seorang pria diamankan polisi saat hendak lompat dari JPO Pasar Mayestik usai ketahuan mencuri HP di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Polisi akan memeriksa kejiwaan pelaku.

"Kami akan memeriksa kejiwaan yang bersangkutan," ujar Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto kepada wartawan, Rabu (25/5/2022).

Budhi menyebut pelaku masih diperiksa secara intensif di Polsek Kebayoran Baru. Ini disebabkan belum diketahui motif pelaku melakukan aksi tersebut.

"Masih dilakukan pendalaman terhadap motif," kata Budhi.

Diberitakan sebelumnya, seorang pria nekat hendak melompat dari JPO Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pria itu nekat melakukan aksinya gegara tepergok mencuri sebuah handphone.

Seorang saksi bernama Tarsidi (33) mengatakan peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 02.00 WIB, Selasa (24/5). Saat itu banyak warga dan petugas kepolisian yang mengepung pelaku, baik di bawah JPO maupun sisi kanan kiri JPO.

"Tiba-tiba sudah ada polisi ramai, terus ada orang mau loncat gitu doang tahu-tahu di situ," ujar Tarsidi saat ditemui di sekitar lokasi, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (24/5/2022).

"Itu lagi dikejar warga, dia maling HP," sambungnya.

Kemudian ramai warga meneriaki dan menyuruh pelaku turun dari JPO. Namun pelaku malah mengancam polisi mundur dengan nekat bergelantungan di JPO.

"Ya denger orang ramai banyak teriakin, 'turun-turun' gitu, nyuruh turun. Jadi si maling mau disamperin polisi dia ngancam mau loncat, polisi mau naik ragu-ragu. Jadi seperti polisinya ragu-ragu dia takut loncat beneran," jelasnya.

Selain meneriaki petugas, pelaku disebut membawa balok. Dia menyebut balok itu akan digunakan untuk menyerang siapa pun yang mendekatinya.

"Dia bawa balok, bawa kayu di atas. Iya kayaknya begitu (buat ngancem)," ucapnya.

Namun aksi pelaku digagalkan polisi. Pelaku kemudian dibawa ke Polsek Kebayoran Baru untuk diperiksa.

Lihat juga video 'Mencari Jejak Maling HP yang Kabur ke Got di Cijantung Jaktim':

[Gambas:Video 20detik]



(ain/mea)