Bu Nani Trending Gegara Status WA soal Rapor, Begini Sosoknya

Isal Mawardi - detikNews
Selasa, 24 Mei 2022 17:17 WIB
ilustrasi twitter
Ilustrasi, Twitter (Foto: 9to5mac)
Bekasi -

Sebuah unggahan tangkapan layar status WhatsApp yang disebut-sebut milik Bu Nani, guru di SMKN 1 Tambun Selatan, viral di media sosial. Nama 'Bu Nani' seketika menjadi trending topic di Twitter. Bagaimana sosoknya?

Seperti yang beredar di Twitter, Selasa (24/5), sebuah akun @flywithasoka mengunggah tangkapan layar yang berisi status WhatsApp kontak bernama Bu Nani.

Status WhatsApp itu berisi pesan-pesan kepada orang tua murid untuk tidak perlu khawatir jika anak-anak mereka mendapatkan nilai jelek di sejumlah mata pelajaran. Para orang tua diminta tidak merampas rasa percaya diri anak.

"Ada calon seniman yang tidak perlu mengerti matematika, ada calon olahragawan yang lebih mementingkan fisik daripada fisika," cuplikan status WhatsApp tersebut.

Tentunya, unggahan ini mendapatkan banyak respons dari warganet. Sejumlah warganet menginginkan Bu Nani menjadi wali kelasnya dan beberapa lainnya bertanya-tanya soal sosok Bu Nani.

Eks Murid Buka Suara

Alumnus SMKN 1 Tambun Selatan, Alfia (18), angkat bicara mengenai sosok Bu Nani. Ia menyebut Bu Nani merupakan sosok yang ramah, murah senyum, penyabar, dan gaul.

"Beliau suka dijadikan tempat curhat anak-anak karena beliau pribadi yang tidak pernah menghakimi dan selalu respons dengan kalimat yang positif, selalu welcome juga dengan apa pun keluh kesah kami soal sekolah ataupun pribadi," ujar Alfia kepada detikcom, Selasa (24/5/2022).

Murid-murid, kata Alfia, memanggil Bu Nani dengan sebutan 'Bunda'. Banyak murid, terang Alfia, yang sayang pada Bu Nani.

"Beliau pribadi yang sangat sabar, sering mengajak ngobrol hal-hal di luar sekolah. Kalau ada muridnya yang bermasalah, beliau juga tanggapi dengan sabar," lanjut Alfia.

Bu Nani merupakan guru mata pelajaran seni budaya hingga kewirausahaan. Bu Nani juga menjadi pelatih ekstrakurikuler tari.

Alfia membenarkan status WhatsApp yang viral di Twitter tersebut adalah milik Bu Nani. "Status itu dibuat tahun 2019 setelah masa-masa bagi rapor, yang kebetulan timing-nya pas," imbuh Alfia.

"Pada 2019 saat sedang ramai-ramainya juga banyak netizen yang titip salam sayang ke Bunda. Saya berharap Bu Nani sehat selalu supaya bisa terus mendidik anak-anak, karena banyak anak didiknya yang berhasil. Banyak yang berharap Bunda untuk selalu bahagia," sambungnya.

Mantan murid Bu Nani lainnya yang minta namanya ditulis Ajisai (22) menyebut Bu Nani selalu berhasil membuat para siswa 'enjoy' dengan pelajaran. Pembawaan Bu Nani, tutur Ajisai, lembut sehingga tidak membuat suasana kaku.

"Dulu di sekolah kami kalau ada peringatan Hari Guru, semua murid setelah apel atau upacara memberikan bunga atau kado ke guru favorit kami. Dan Bu Nani selalu menjadi guru yang selalu mendapatkan bunga atau kado yang paling banyak saat saya melihatnya. Beliau mendapatkan banyak kado atau bunga itu juga karena memang beliau sosok yang baik, ramah, dan sangat dicintai murid-muridnya," ujar Ajisai.

Ajisai sangat berterima kasih kepada Bu Nani karena pelajaran dan nilai-nilai yang Bu Nani tanamkan kepada peserta didiknya. Pesan dan nasihat Bu Nani hingga kini masih diingat Ajisai.

"Dulu saat saya masih malu untuk nyanyi di depan kelas, Bu Nani pernah bilang untuk tidak malu untuk menunjukkan bakat dan mengembangkan bakat saya. Kata-kata Bu Nani itulah yang membuat saya sekarang menjadi berani tampil di atas panggung dan sering mengikuti kompetisi bernyanyi, dan alhamdulillah sering juara. Saya nggak akan lupa dengan kata-kata Bu Nani yang selalu membuat saya semangat," pungkasnya.

detikcom telah menghubungi Bu Nani untuk meminta tanggapannya soal namanya viral di Twitter. Namun, hingga berita ini terbit, Bu Nani belum membalas pesan singkat dan telepon detikcom.

Lihat juga Video: Kisah Pejuang Hati, Pengorbanan Ibu untuk Anak Atresia Bilier

[Gambas:Video 20detik]



(isa/imk)