Dear Kepala Daerah, Ada Pesan Penting dari Jokowi soal e-Catalog Lokal

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 24 Mei 2022 16:55 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pimpinan daerah segera memasukkan produk-produk unggulan daerahnya ke e-catalog lokal. Jokowi menekankan pembuatan e-catalog saat ini sangat mudah.

"Saya minta kepada Gubernur, Bupati, Wali Kota, Sekda yang paling penting sekarang adalah bagaimana produk-produk lokal, produk-produk unggulan itu segera bisa masuk pada e-catalog lokal, segera!" kata Jokowi saat memberikan pengarahan dan evaluasi aksi afirmasi bangga buatan Indonesia di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (24/5/2022).

Jokowi kemudian menyoroti daerah yang belum memiliki e-catalog lokal. Jokowi menyebut hanya 46 daerah yang memiliki e-catalog.

"Yang punya e-catalog lokal baru 46 pemda dari 514 kabupaten/kota dan 34 provinsi baru 46 pemda, padahal untuk membangun e-catalog lokal ini syaratnya sudah nggak kayak dulu, dulu memang rumit, sekarang sangat simpel," tuturnya.

Jokowi mengatakan dirinya telah menanyakan ke Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang (LKPP) Abdullah Azwar Anas mengenai pengurusan e-catalog ini. Jokowi menekankan pembuatan e-catalog lokal saat ini sangat mudah.

"Saya tadi memastikan pagi tadi kepada Kepala LKPP Pak Anas, dulu berapa langkah? Dulu 8 langkah, sekarang hanya 2 langkah, sangat gampang sekali,"

"Sehingga sekali lagi kepala daerah dan sekda ini segera dilakukan. Produk-produk lokal, produk-produk unggulan daerah segera masuk ke e-catalog lokal," sambungnya.

Jokowi mengatakan produk lokal seperti arem-arem bisa masuk ke e-catalog lokal. Dia menekankan bahwa e-catalog lokal bisa membantu pengusaha kecil.

"Kalau barang-barang lokal bisa masuk ke e-catalog lokal semuanya bisa, arem-arem masukkan e-catalog karena di dalamnya ada telor, ada daging dan lain-lain, misalnya. Artinya apa? Pengusaha-pengusaha kecil kita, UMKM kita akan bisa semuanya berputar," tuturnya.

(lir/imk)