detikcom Do Your Magic

Agar UMKM Kembali Berdaya, PKS Minta Kejelasan Pembukaan Monas

Mulia Budi - detikNews
Selasa, 24 Mei 2022 16:17 WIB
Monas hari ini buka atau tutup? Monumen Nasional (Monas) merupakan tempat wisata terkenal di Jakarta. Monas berlokasi di wilayah Gambir, Jakarta Pusat.
Monas (Getty Images/iStockphoto/dennisvdw).
Jakarta -

Penasihat Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Abdurraman Suhaimi, meminta agar ada kejelasan pembukaan kawasan Monas, Jakarta Pusat, sehingga pedagang UMKM khususnya pedagang kios Lenggang di IRTI Monas bisa berdaya kembali.

"Intinya kalau itu masyarakat diberdayakan dan terkait dengan Monas kapan dibukanya untuk masyarakat umum, itu segera dilakukan evaluasi dan segera diambil kesimpulan jadi nggak gantung kan," kata Suhaimi saat dihubungi, Selasa (24/5/2022).

Suhaimi mengatakan pihak Unit Pelaksana Teknis (UPT) kawasan Monas, Sudin dan Dinas terkait perlu melakukan evaluasi untuk memberdayakan para pedagang Lenggang. Menurutnya, evaluasi harus dilakukan mengingat pemerintah juga telah memperbolehkan melepas masker di tempat umum.

Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Abdurrahman SuhaimiKetua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi (Arief Ikhsanudin/detikcom)

"Kan sudah ada kebijakan ya dari pusat buka masker dan seterusnya, maka UPT dan Sudin dan dinas terkait segera melakukan langkah-langkah untuk pemberdayaan ekonomi. Tentu saja sesuai dengan kebijakan yang dibikin pemerintah DKI juga," tuturnya.

Dia mengatakan jika nantinya Monas kembali dibuka maka pedagang pun perlu bersiap. Para pedagang kios Lenggang sebut Suhaimi membutuhkan waktu untuk mempersiapkan diri setelah dua tahun Monas ditutup.

"Kan perlu persiapan juga misalnya awal Juni dibuka gitu kan, itu kan pedagang mempersiapkan diri untuk berbenah," ujarnya.

Lebih lanjut, Suhaimi mengatakan kebijakan pemerintah tidak cukup berhenti pada izin membuka masker di tempat umum. Menurutnya, hal itu harus dilanjutkan dengan diberikannya fasilitas bagi tempat usaha dan pelaku UMKM.

"Sesuai perkembangan situasi dan penanganan COVID yang cukup baik dan pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan boleh buka masker maka tentu saja tempat-tempat usaha UMKM dan ekonomi harus juga segera difasilitasi," terangnya.

Pedagang Korban Kebakaran Kios Lenggang Harap Monas Dibuka

Pedagang korban kebakaran di kios Lenggang Jakarta, di eks parkir IRTI Monas, Jakarta, berharap segera berdagang. Dia pun mendukung segala upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk merelokasi dan membangun ulang kios yang baru terbakar.

"Poin terpentingnya sambil menunggu itu (kolaborasi), segerakan Monas untuk dibuka karena sangat berpengaruh bagi roda perekonomian, baik di Lenggang Jakarta Monas maupun sekitarnya," tutur salah satu pedagang di Lenggang Jakarta, Dapit Wibisono, Rabu, (20/4).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berbicara terkait pembukaan Monumen Nasional (Monas). Riza menyebut pembukaan tempat wisata itu akan segera dilakukan.

"Tentu nanti juga akan segera ya. Secara bertahap kita CFD dulu, nanti baru kita cari waktu untuk Monas," kata Riza, Jumat (20/5).

Pedagang melihat kondisi puing-puing kios pascakebakaran di kawasan Monas, Jakarta, Kamis (31/3/2022). Sebanyak 172 kios lenggang Jakarta terbakar diduga akibat korsleting listrik dengan kerugian diperkirakan mencapai Rp1,2 miliar. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/tom.Pedagang melihat kondisi puing-puing kios pascakebakaran di kawasan Monas, Jakarta, Kamis (31/3/2022). Sebanyak 172 kios lenggang Jakarta terbakar diduga akibat korsleting listrik dengan kerugian diperkirakan mencapai Rp1,2 miliar. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
(aik/aik)