Bentuk Gerbangdutas, Mahfud: Jangan Main-main dengan Batas Wilayah RI

Rahmatia Miralena - detikNews
Selasa, 24 Mei 2022 15:18 WIB
Talaud -

Menko Polhukam yang juga Ketua Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Mahfud Md, meresmikan pembentukan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) tahun 2022. Mahfud menekankan bahwa jangan main-main dengan batas wilayah Indonesia.

Kegiatan pencanangan ini digelar di Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, Selasa (24/5/2022). Mahfud menegaskan bahwa Indonesia adalah negara yang berdaulat.

"Kita berdaulat, jangan main-main dengan batas-batas Indonesia, karena ini adalah bagian dari kedaulatan kami, maka dari itu kita membentuk Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan," kata Mahfud.

Pada peresmian itu, hadir pula Menteri Dalam Negeri selaku Kepala BNPP, Muhammad Tito Karnavian. Sementara tema acara peresmian ini adalah 'Pembangunan Perbatasan Negara untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural'.

Mahfud berharap peresmian ini juga meningkatkan pemerataan pembangunan di daerah perbatasan. Oleh sebab itu, Mahfud meminta adanya sinergi seluruh kementerian, lembaga, bersama pemerintah daerah.

"Dengan sinergitas dan kerja sama seluruh kementerian, lembaga dan pemerintah daerah, nawacita presiden untuk membangun Indonesia dari pinggiran akan terwujud," ujar Mahfud Md.

Selain pemerataan pembangunan, Mahfud berharap program Gerbangdutas bisa memperkuat kedaulatan NKRI. Diketahui, Kabupaten Talaud memiliki pulau terluar yang berbatasan langsung dengan Filipina, yakni Pulau Miangas.

(rmi/lir)