Wakil Ketua KPK Lili Beri Pesan Ini ke 45 Finalis Puteri Indonesia

M Hanafi Aryan - detikNews
Selasa, 24 Mei 2022 14:54 WIB
Wakil Ketua KPK Lili Bersama Puteri Indonesia
Wakil Ketua KPK Lili Bersama Puteri Indonesia (Hanafi/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar memberikan wejangan kepada puluhan finalis Puteri Indonesia 2022 terkait upaya pemberantasan korupsi. Lili berharap kehadiran mereka dapat membantu KPK.

"Intinya kami mengajak seluruh finalis Puteri Indonesia untuk sama-sama membangun Indonesia bebas dari korupsi dan masuk dalam program kampanye, program pendidikan apa pun itu nanti ke depannya," ujar Lili di lobi gedung Merah Putih KPK, Selasa (24/5/2022).

Lili mengajak para finalis Puteri Indonesia ikut berada di kampanye antikorupsi dan memberi penyuluhan tentang antikorupsi ke masyarakat. Lili pun berencana mengajak mereka ikut di 'Program 10 desa di 10 Provinsi'.

"Kalau itu pasti disampaikan dengan berbagai program ya, program kan kita menawarkan, apalagi misalnya besok ada program 10 desa di 10 provinsi yang kelak kemudian ke depannya juga akan merambah 34 provinsi lain. Jadi kan teman-teman ini karena seluruh Indonesia kita usulkan bagaimana besok keterlibatan untuk hal tersebut," ujar Lili.

Dalam kesempatan yang sama, Puteri Indonesia 2020 Roro Ayu Maulida Putri mengaku siap bekerja sama memberantas korupsi bersama KPK. Roro menyebut hal itu merupakan salah satu bentuk kontribusi langsungnya kepada pemerintah Indonesia.

"Harapannya secara langsung dengan KPK tentunya nanti kita bisa terus bekerja sama," kata Roro Ayu.

"Tidak hanya di sini saja, tidak hanya selama kita menjabat sebagai Puteri Indonesia ataupun finalis, tapi juga sebagai alumni kita dapat berkontribusi secara langsung pada pemerintah Indonesia," sambungnya.

Menurutnya, perilaku korupsi itu bukan hanya soal tindak pidana korupsi saja, tapi dalam kegiatan sehari-hari juga dapat terjadi korupsi. Oleh sebab itu, dia berpesan soal pentingnya ditanamkan sikap antikorupsi dalam diri masing-masing.

"Korupsi itu tidak hanya tindak pidana korupsi, tapi perilaku korupsi kita sehari-hari. Nah, itulah yang harus kita tanamkan dari perempuan-perempuan yang sangat berkualitas di Indonesia ini untuk dapat mencegah dan juga mensosialisasikan kepada masyarakat di sekitarnya yang ada di provinsi mereka masing-masing dan agar bagaimana kita dapat bersinergi...," kata Roro.

Sebelumnya, KPK mengundang 45 finalis Puteri Indonesia 2022 ke Gedung Merah Putih KPK pagi ini. Kegiatan itu dipimpin langsung oleh Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar.

Kegiatan ini merupakan rangkaian pembekalan dan peran perempuan dalam pemberantasan korupsi.

(zap/zap)