Arahan 'Ojo Kesusu' Kode buat Ganjar? Bambang Pacul Buka Suara

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Selasa, 24 Mei 2022 14:51 WIB
Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto
Bambang Pacul (Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta -

Arahan 'ojo kesusu' Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut kode keras dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk maju capres 2024. PDIP menegaskan pencalonan capres akan menunggu arahan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Sudah jelas kok pencalonan itu oleh parpol, kan begitu. Ya udah nanti kita lihat aja dalam perjalanan, toh. Dukung-mendukung kan sudah, begitulah," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul kepada wartawan, Selasa (24/5/2022).

Selebihnya, Pacul enggan buka suara. Pacul menegaskan ihwal figur capres dan cawapres di PDIP masih menunggu arahan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Dia menyebut akan menyampaikan akan membeberkan langkah politik partainya terkait pemilu dalam waktu dekat ini.

"Kalau penjelasan soal capres dan cawapres itu, kita pas tunggu Ibu di DPP itu. Tapi minggu depan saya jawab, sebagai Ketua Pemenangan Pemilu, setelah dapat izin Ibu. Saya diskusi dulu," ujar Ketua Komisi III DPR itu.

"Hari ini begini saja, saya no comment dulu deh ya, no comment dulu tapi saya janjikan minggu depan saya akan jawab," imbuh dia.

Untuk diketahui, Jokowi hadir dalam Rekernas Projo di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, pada Sabtu (21/5). Jokowi membicarakan beberapa hal, termasuk para relawannya, agar tidak terburu-buru meminta arahan untuk Pilpres 2024.

"Semuanya sulit dihitung karena ketidakpastian global terus-menerus terjadi, sehingga yang ketiga yang berkaitan dengan politik karena kita harus fokus dan bekerja menyelesaikan persoalan itu tadi, urusan politik ojo kesusu sik, jangan tergesa-gesa," kata Jokowi saat membuka Rakernas Projo di lokasi, Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Ngargogondo, Kecamatan Borobudur, Sabtu (21/5).

Jokowi sekali lagi meminta Projo bersabar, meski tokoh yang mereka dukung ada di lokasi yang sama.

"Meskipun... meskipun mungkin yang kita dukung ada di sini," ujar Jokowi.

Tonton juga Video: PAN Sebut Anies Hingga Ganjar Berpotensi Diusung Jadi Capres KIB

[Gambas:Video 20detik]



(maa/gbr)