Polisi Upayakan Tak Ada Penutupan Jalan Saat Formula E di Ancol Berlangsung

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 24 Mei 2022 14:48 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yugo (Karin Nur Secha/detikcom)
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yugo (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Perhelatan Formula E di Ancol tinggal menghitung hari. Polisi masih mengupayakan tidak ada penutupan jalan saat Formula E berlangsung.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan Pemprov DKI perihal kebijakan lalu lintas saat Formula E di Ancol digelar.

"Kita berupaya agar sedapat mungkin tidak menutup jalan agar tidak mengganggu lalu lintas umum. Tapi kalaupun memang harus penutupan, kita lakukan," kata Sambodo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (24/5/2022).

Hari ini pihak kepolisian dan panitia melakukan survei di sejumlah titik menuju lokasi. Survei hari ini menentukan kebijakan rekayasa lalu lintas yang akan diambil nantinya.

"Informasi awal nanti penonton akan diturunkan di Kemayoran. Lalu dari JIExpo naik shuttle bus. Kita lihat rutenya dan berapa shuttle bus yang disiapkan," terang Sambodo.

Selain itu, Sambodo menyinggung soal wacana pawai pembalap Formula E di Monas, Jakarta Pusat. Dia menyebut kemungkinan besar pawai pembalap itu akan dibatalkan.

"Ada informasi sementara kemungkinan tidak pawai. Tapi mobil-mobil akan dipamerkan di area di dalam Monas. Tapi untuk kepastiannya hari ini kami akan ketemu dengan pihak panitia Formula E untuk memastikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada 2 Juni," katanya.

Ketua Pelaksana Formula E Ahmad Sahroni sebelumnya menyampaikan pembalap Formula E bakal mengadakan pawai di sekitar Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Kegiatan pawai itu dilakukan pada 2 Juni 2022.

"Tanggal 2 Juni kita ada kegiatan untuk photo session dan muter sedikit di dalam Monas beserta pembalap," kata Ahmad Sahroni kepada wartawan, Minggu (22/5).

Sahroni mengatakan para pembalap Formula E akan tiba di Tanah Air pada 28-29 Mei mendatang. Lantas, lanjut Sahroni, pihaknya menargetkan seluruh persiapan Formula E rampung pada akhir bulan ini.

"(Persiapan Formula E) sebentar lagi selesai dengan sempurna, perkiraan tanggal 29-30 (Mei)-lah udah kelar," ujarnya.

(ygs/isa)