Anies: Formula E Pesan kepada Dunia Bahwa Jakarta Ikut Kurangi Emisi Karbon

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 24 Mei 2022 12:03 WIB
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap Formula E berjalan lancar. Dia mengatakan dunia menyaksikan Formula E yang digelar di Jakarta.

"Harapannya berjalan lancar, sukses, nama baik Indonesia berada di dalam kancah dunia. Ini adalah kesempatan di mana dunia menyaksikan Jakarta, menyaksikan Indonesia, kita ingin menjadi tuan rumah yang baik. Kita ingin menunjukkan kepada semua bahwa Jakarta sudah bersiap untuk menuju di era baru di mana kita menggunakan energi terbarukan untuk mobilitas," kata Anies di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Selasa (24/5/2022).

Anies mengatakan Pemprov DKI berkomitmen menerapkan kendaraan bertenaga listrik pada angkutan umum. Setidaknya, ada 30 bus listrik TransJakarta yang telah beroperasi.

"Harapannya ke depan tahun ini nanti bisa 100 bus bertenaga listrik dan nanti di akhir 2030 seluruh armada dari angkutan umum kita menggunakan listrik," ujarnya.

Anies kemudian menyebut Formula E merupakan pesan dari Jakarta untuk dunia. Dia mengatakan Formula menunjukkan warga Jakarta ikut mengurangi emisi karbon.

"Jadi event Formula E adalah pesan kepada kita dan pesan kepada dunia bahwa kami penduduk Jakarta ikut ambil tanggung jawab, kami penduduk Jakarta ikut mengurangi emisi karbon di udara," ucapnya.

Formula E Jakarta menjadi bagian dari Jakarta Hajatan Ke-495. Menurutnya, acara ini bukan sekadar berdampak terhadap sektor pariwisata semata, melainkan komitmen menghadapi perubahan iklim.

"Kami ingin bersihnya Jakarta, birunya langit Jakarta sebagai penanda komitmen kita sebagai warga bumi yang bertanggung jawab. Karena itulah Hajatan Jakarta ini bagian dari pelajaran kepada kita semua untuk menjadi warga dunia yang bertanggung jawab dan warga dunia yang partisipatif di dalam menghadapi climate change itu," ucapnya.

"Jadi ini jauh lebih besar dari sekadar soal pariwisata, lebih besar daripada soal exposure tapi ini soal tanggung jawab kita. Insyaallah berjalan dengan lancar dan kita kirimkan pesan itu kepada kita dan kepada dunia," sambungnya.

(taa/haf)