ADVERTISEMENT

Janji KPK Tangkap Harun Masiku dan Cerita Novel soal Intimidasi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 24 Mei 2022 10:48 WIB
Logo, ilustrasi, gedung Komisi Pembarantasan Korupsi (KPK)
Ilustrasi terkait dengan KPK. (Ari Saputra/detikcom)

Ragam spekulasi sempat muncul, seperti kemungkinan Harun Masiku telah meninggal dunia. Namun Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri sempat menepis hal itu.

"Kemudian kemarin juga sempat diisukan meninggal dunia. Namun sampai saat KPK tidak bisa mengkonfirmasi hal itu dengan data yang valid, misalnya bahwa yang bersangkutan meninggal dunia," kata Ali pada Senin, 20 Juli 2020.

Ali pun pernah menyampaikan pertimbangan mengenai persidangan tanpa dihadiri terdakwa atau in absentia seandainya Harun Masiku tak juga tertangkap. Namun pertimbangan itu disebut Ali merupakan pilihan terakhir.

"Tentang in absentia, itu menjadi pilihan terakhir. Setidaknya ada dua alasan. Satu, karena KPK masih akan terus mengupayakan agar terdakwa juga dapat dihadirkan," ucap Ali kala itu.

"Dua, perlu kajian lebih dahulu aspek teknis hukumnya, sekalipun secara substansi materi perkara memang menjadi lebih mudah pembuktiannya, mengingat di perkara terdakwa Saeful Bahri mengenai perbuatan bersama-samanya dengan tersangka HAR (Harun Masiku) telah terbukti secara sah dan meyakinkan," imbuh Ali.

KPK bahkan telah meminta bantuan banyak pihak termasuk Polri dan Interpol dengan diterbitkannya red notice untuk Harun Masiku. Teranyar Ketua KPK Firli Bahuri mengklaim Harun Masiku dan para buronan lainnya tidak akan bisa tidur nyenyak sebab masih terus diburu KPK.

Pimpinan KPK melakukan safari ke sejumlah kementerian dan lembaga. Kali ini KPK mendatangi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).Ketua KPK Firli Bahuri (Grandyos Zafna/detikcom)

"Terakhir, KPK masih mencatat ada beberapa orang yang dicari oleh KPK saya tidak menyebut satu per satu. Tapi bukan hanya satu orang, setidaknya masih ada enam orang yang kita cari," kata Firli kepada wartawan, Rabu (18/5/2022).

"Dan saya yakin sampai hari ini dia tidak bisa tidur nyenyak karena sampai kapan pun akan dicari oleh KPK hanya tunggu waktu dia pasti tertangkap," imbuhnya.

Sampai detik ini janji KPK masih sama: memburu Harun Masiku. Perihal ini lantas dikritisi oleh sejumlah pihak termasuk salah satu mantan penyidik KPK Novel Baswedan.

Apa kata Novel Baswedan? Silakan ke halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT