Disdik Kabupaten Bogor Bolehkan Lepas Masker di Luar Ruangan Saat PTM

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Selasa, 24 Mei 2022 10:21 WIB
ini salah satu contoh ilustrasi masker katub
Ilustrasi masker (Getty Images/iStockphoto/Javier Ruiz)
Bogor -

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor mengizinkan siswa dan guru melepas masker saat pembelajaran tatap muka (PTM) di tengah pandemi Corona. Namun melepas masker hanya boleh di luar ruangan.

"Boleh buka masker di luar ruangan, (namun) kita kan tetap menjaga, ya," kata pejabat Humas Disdik Kabupaten Bogor Iqbal Rukmana di Cibinong, Selasa (24/5/2022).

Iqbal mengimbau guru dan murid tetap memakai masker di dalam ruangan. Masker juga harus digunakan saat kegiatan yang berkerumun.

"Instruksinya Presiden itu kan di tempat umum ya, di ruang terbuka. Kalau misal di kerumunan dan transportasi umum itu tetap pakai. Sedangkan sekarang kalau sekolah itu dalam satu ruangan, nah kita juga tetap tuh menggunakan prokes," jelasnya.

Apabila ada kegiatan belajar di luar kelas, siswa dipersilakan melepas masker, seperti saat olahraga maupun berenang.

"Karena dalam PTM itu prioritasnya ada tiga: kesehatan, kenyamanan, dan keselamatan murid," tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan pelonggaran masker untuk masyarakat. Kini masyarakat boleh tidak menggunakan maker di ruangan terbuka atau outdoor.

Hal itu disampaikan Jokowi saat konferensi pers di Istana Bogor yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (17/5). Jokowi mengizinkan masyarakat tidak menggunakan masker saat melakukan kegiatan di luar ruangan atau terbuka yang tidak padat orang.

"Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan, atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker," ujar Jokowi.

(haf/haf)