Sidak di Rutan Depok, Petugas Temukan 7 Sajam Rakitan dari Sendok Stainless

Dwi Rahmawati - detikNews
Senin, 23 Mei 2022 19:45 WIB
Petugas temukan sajam dari sendok stainless saat sidak di Rutan Kelas I Depok
Petugas menemukan sajam dari sendok stainless saat sidak di Rutan Kelas I Depok. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Petugas Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Depok menemukan sejumlah senjata tajam yang dibuat oleh warga binaan. Temuan tersebut didapat dari hasil inspeksi dadakan (sidak).

Kepala Rutan Kelas I Depok Andi Gunawan mengatakan ada 7 buah sendok stainless yang diubah menjadi senjata tajam (sajam). Selain itu, petugas menyita satu buah cermin dan satu gunting.

"Hasil sudah kali ini tidak menemukan narkoba maupun alat komunikasi. Namun petugas berhasil mengamankan 7 buah sendok stainless yang diubah menjadi benda tajam rakitan," ujar Andi Gunawan dalam keterangan tertulis, Senin (23/5/2022).

Sidak tersebut dilakukan sebagai antisipasi peredaran barang-barang terlarang di dalam kamar hunian. Upaya tersebut dilakukan dengan mensosialisasi tata aturan yang berlaku bagi warga binaan.

"Petugas tak henti-hentinya untuk terus mengingatkan, salah satunya barang-barang yang tidak sesuai ketentuan untuk tidak dapat diperkenankan memasuki area blok hunian," ungkapnya.

Selain memberikan peringatan terhadap warga binaan, Kepala Rutan Kelas 1 Depok memberikan arahan kepada petugas untuk berkomitmen melakukan penjaringan secara masif.

"Sidak kamar hunian akan terus secara rutin kami lakukan sebagai bentuk komitmen jajaran Rutan Kelas I Depok untuk mewujudkan Zero Halinar serta Deteksi Dini adanya peredaran barang-barang terlarang di dalam kamar hunian," pungkasnya.

(dek/dek)