Para Kiai-Habaib Kumpul di Surabaya, Doakan PKB Menangkan Pemilu 2024

Erika Dyah - detikNews
Senin, 23 Mei 2022 18:27 WIB
PKB
Foto: Dok. PKB
Jakarta -

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar mendapat doa dan dukungan dari ribuan Kiai, Ulama, dan Habaib untuk menjadi presiden 2024. Para kiai dan habaib yang hadir juga mendoakan PKB bisa memenangkan Pemilu 2024 mendatang.

Adapun doa dan dukungan ini disampaikan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar dalam acara Doa Bersama Ulama dan Habaib untuk Perdamaian Dunia dan Halalbihalal Bersama Gus Muhaimin. Kegiatan yang berlangsung Minggu (22/5) ini digelar di Gedung Dyandra Convention Center, Surabaya, Jawa Timur.

Kiai Marzuki menegaskan warga NU tidak boleh salah dalam menentukan pilihan politik demi kepentingan negara. Menurutnya, negara tidak boleh dikuasai oleh kelompok yang salah agar kemajuan dan kesejahteraan bangsa bisa digapai.

"Kalau untuk hal yang lebih besar, kadang kita malah sembrono, menyerahkan negara untuk dikelola, menyerahkan untuk dikuasai, menyerahkan negara kepada seseorang atau kelompok atau kekuatan politik untuk menguasai kita," tutur Kiai Marzuki dalam keterangan tertulis, Senin (23/5/2022).

Untuk itu, ia berpesan warga nahdliyin harus jeli dalam menentukan pilihan politik. Misalnya, memahami apakah calon atau parpol yang dipilih sejalan dengan kepentingan dan ideologi NU atau tidak.

Lebih lanjut, Kiai Marzuki mengatakan selama ini PKB merupakan parpol yang memiliki ideologi dan perjuangan yang sejalan dengan NU. Apalagi parpol ini lahir dari Rahim NU dan didirikan oleh pengurus PBNU saat itu.

"Alhamdulillah, kita dianugerahi kekuatan politik, partai yang ideologinya sama dengan NU, akidahnya, asasnya sama dengan NU, dan sangat berkomitmen untuk memfasilitasi, mengakomodir kader-kader NU, kita dianugerahi partai yang dari dulu sampai sekarang berkhidmat ke NU," jelasnya.

Selain Kiai Marzuki Mustamar, doa untuk Muhaimin dan PKB juga dipanjatkan oleh Pengasuh Pondok Pesantren Progresif Bumi Sholawat Tulangan Sidoarjo KH Agoes Ali Masyhuri. Tak hanya mendoakan Gus Muhaimin dan PKB, ia juga berdoa untuk perdamaian dunia.

Dalam kesempatan ini, Ketum PKB yang akrab disapa Gus Muhaimin ini mengaku sangat bersyukur bisa bersilaturahmi dengan para ulama dan habaib setelah dua tahun tidak bisa melakukan halalbihalal akibat pandemi COVID-19.

Gus Muhaimin berharap agar para kiai selalu mendoakan perjuangan PKB dan memberikan bimbingan serta arahan agar perjuangan politik PKB bisa selalu berjalan di jalur yang benar.

"Dari panggung ini, mari Nahdliyin bersatu untuk kita bersama-sama menjaga kekuatan kita, untuk Indonesia yang lebih baik, aman, damai dan lebih sejahtera di masa yang akan datang," ungkap Muhaimin.

Menurutnya, langkah politik PKB dan dirinya maju sebagai capres bukan hanya untuk NU dan PKB saja. Bukan pula untuk warga Jatim semata, namun untuk kepentingan masa depan bangsa dan negara.

"Kalau Nahdliyin bersatu, insyaallah Indonesia bisa kita tata lebih baik di masa yang akan datang," tandasnya.

Sebagai informasi, kegiatan ini turut dihadiri oleh sejumlah ulama khos dan habaib, antara lain Ketua Dewan Syuro PKB KH Dimyati Rois, KH Anwar Manshur Lirboyo, KH Abdullah Kafabihi Mahrus Lirboyo, mantan Ketua PWNU Jatim Prof KH Ali Maschan Moesa, KH Abdurrohman Al-Kautsar (Gus Kautsar) Ploso, KH Salam Sohib, Habib Alwi bin Idrus Baagil Sampang, Habib Ali Zaenal Bondowoso, KH. Muhammad Yusuf Chudlori (Gus Yusuf) Tegalrejo, dan sejumlah ulama dari berbagai daerah lainnya di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Simak Video 'Cak Imin Beri Isyarat PKB Siap Gabung Koalisi Indonesia Bersatu, Asal...':

[Gambas:Video 20detik]



(akn/ega)