KSAU Bertemu dengan Kepala Staf US Air Force, Bahas Pengadaan Pesawat

Anggi Muliawati - detikNews
Senin, 23 Mei 2022 13:24 WIB
Pertemuan KSAU dengan Kepala Staf US Air Force (dok. TNI AU)
Foto: Pertemuan KSAU dengan Kepala Staf US Air Force (dok. TNI AU)
Jakarta -

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo bertemu dengan US Air Force Jenderal Charles Q Brown. Salah satu yang dibahas soal pengadaan pesawat.

Berdasarkan keterangan dari TNI AU, pertemuan itu dilakukan di Washington DC pada Kamis (19/5/2022). Fadjar juga menerima penganugerahan Legion of Merit.

Fadjar juga mengikuti upacara peletakan karangan bunga pada makam prajurit tidak dikenal di Pemakaman Nasional Arlington.

Dalam pertemuan itu, Brown memuji TNI AU dalam mendukung otoritas sipil menangani pandemi COVID-19. Kedua pemimpin AU itu juga membahas inisiatif modernisasi pertahanan Indonesia, termasuk pengadaan pesawat F-15IDN

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa juga menjelaskan soal pertemuan itu. Andika mengatakan pengadaan tersebut untuk periode 2020/2024. Namun, dia menyebut usulan itu telah diajukan sejak 2019.

"Ini kita berbicara pengadaan periode 2020/2024 karena sistem pengadaan di Kemenhan sebenernya yang menjadi lead sektornya ya, kami sebagai pengguna kami sebetulnya sudah mengajukan usulan itu sejak 2019," katanya di Kantor PBNU, Jakarta Pusat, Senin (23/5/2022).

"Sejak 2019 masing-masing angkatan termasuk Mabes TNI sudah mengajukan dan saya yakin itu kebutuhan tambahan dari pesawat jet tempur ini juga kan bagian dari kebutuhan TNI Angkatan Udara," sambungnya.

Lihat juga video 'Prabowo Borong Jet Tempur Rafale, KSAU Siapkan Pilot':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)