Tanggapi Febri Diansyah, KPK Minta yang Tahu Keberadaan Harun Masiku Lapor

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 23 Mei 2022 06:48 WIB
Kepanjangan KPK hingga Tugas-tugas Lembaga Antikorupsi Itu
Foto: Gedung KPK ( Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Eks Jubir KPK Febri Diansyah meminta KPK jujur mengakui jika tak mampu menangkap buron Harun Masiku. KPK mengajak siapapapun untuk ikut berpartisipasi menyampaikan informasi keberadaan buron kasus berkaitan dengan proses pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR RI tersebut.

"Tak hentinya kami terus mengajak masyarakat, siapapun, yang betul-betul mengetahui keberadaan HM untuk bisa menyampaikan kepada KPK atau aparat penegak hukum lainnya," kata PLT Jubir KPK, Ali Fikri kepada wartawan, Minggu (22/5/2022).

Ali menuturkan hal itu agar informasi yang diterima KPK bisa dengan cepat ditindaklanjuti. Ali khawatir penyampaian informasi di ruang publik justru akan menghambat proses pelacakan yang sedang dilakukan KPK.

"Agar Informasi tersebut bisa segera ditindaklanjuti secara konkret. Bukan justru menyampaikan di ruang publik yang dikhawatirkan malah akan menghambat proses pelacakannya," ujarnya.

Ali memastikan KPK tidak pernah berhenti mencari keberadaan Harun Masiku. Dia menyebut KPK juga telah melakukan upaya kerjasama dengan pihak imigrasi untuk memantau pergerakan Harun Masiku.

"Sebagai komitmen kami untuk menuntaskan setiap penanganan perkara di KPK, khususnya pada kasus dugaan suap pada KPU terkait proses pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR RI, kami memastikan tak berhenti mencari keberadaan HM," ucapnya.

"Dalam pencarian HM yang telah berstatus sebagai DPO, KPK tentu telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM sebagai institusi yang punya otoritas untuk bisa memantau pergerakan seseorang di lintas batas negara melalui jalur keimigrasian," lanjutnya.

Lebih lanjut Ali menyampaikan kerjasama juga dilakukan bersama kepolisian. Selain polisi kata Ali, KPK juga bekerjasama dengan lembaga internasional untuk memburu Harun Masiku.

"KPK juga tentu telah berkoordinasi dengan kepolisian RI sebagai aparat penegak hukum yang memiliki atribut dan fungsi untuk bisa melakukan penangkapan terhadap seorang DPO. Tak hanya itu, KPK juga telah berkoordinasi dengan banyak lembaga internasional. Untuk bisa membantu melakukan perburuan DPO HM ini," imbuhnya.

Lihat juga video 'Polisi soal Harun Masiku: Proses Tidak Cepat, Butuh Waktu':

[Gambas:Video 20detik]



Baca berita selengkapnya di halaman berikut