KPK: ICW Boleh Ikut Buru Harun Masiku Jika Tak Percaya, tapi Biaya Sendiri

M Hanafi - detikNews
Jumat, 20 Mei 2022 19:33 WIB
DPO Harun Masiku.
DPO Harun Masiku. (Situs resmi KPK)
Jakarta -

Indonesia Corruption Watch (ICW) ragu KPK memburu tersangka kasus dugaan korupsi, Harun Masiku. KPK mengajak publik untuk ikut mencari Harun Masiku yang sudah jadi buron sekitar 2 tahun itu.

"Prinsipnya, seorang buronan DPO apabila ada masyarakat siapa pun yang mengetahui keberadaan atau paling nggak mirip lah, boleh lapor pada kami. Kalau nggak percaya boleh ikut juga, tapi biaya sendiri," ujar Deputi Bidang Penindakan dan Pengawasan KPK, Karyoto, kepada wartawan, Jumat (20/5/2022).

Karyoto mengatakan KPK tidak menutup diri untuk menerima bantuan dari pihak mana pun dalam mencari Harun Masiku. Bahkan dia menantang ICW untuk ikut serta dalam kegiatan pencarian Harun Masiku.

"Misalnya kami ke mana, saya akan cek. Misalnya nanti dengan bantuan kepolisian, kami siap. Artinya, kami tidak menutup diri. Mau ICW sekali pun, boleh, kasih tahu saya," tegasnya.

Karyoto memastikan KPK terus menelusuri jejak Harun Masiku. Dia mengatakan penyidik akan segera menangkap Harun begitu penyidik mengetahui keberadaannya.

"Saya nggak akan cerita yang diduga keberadaan (HM). Tapi yang jelas kami saat ini sudah mulai, artinya ketika dimungkinkan di tempat yang disinggahi, kami akan mencari," ungkapnya.

"Mudah-mudahan ada masyarakat yang melihat ada di Indonesia, lebih cepat. Kalau ada di luar Indonesia, kalau di mana pun, sebenarnya kalau foto biometrika dari orang-orang WNI yang sempat menyeberang bisa di-detect. Kalau keberadaannya di mana belum tahu, kalau tahu sudah ditangkap," imbuhnya.

Karyoto juga merespons soal tudingan ICW yang menyebut KPK enggan menangkap Harun Masiku. Menurutnya, hal itu justru menjadi sebuah pil semangat dalam mengungkap perkara tersebut.

"Kritikan dari ICW bagi kami adalah pil sehat yang mendorong semangat kami menangkap DPO yang masih menjadi utang," tutupnya.

ICW Ragu KPK Buru Harun Masiku

Sebelumnya, ICW mempertanyakan upaya KPK dalam memburu buron tersangka kasus dugaan korupsi Harun Masiku. ICW menuding KPK takut kepada seorang aktor politik besar.

"Kami menduga sumber persoalan pencarian Harun Masiku dikarenakan KPK, khususnya Firli, takut berhadapan dengan seorang aktor politik besar yang selama ini berada di balik buronan tersebut," ujar peneliti dari ICW, Kurnia Ramadhana, Kamis (19/5).

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Simak juga Video: ICW Dorong Kejagung Ungkap Aktor Lain dalam Kasus Ekspor Minyak Goreng

[Gambas:Video 20detik]