Projo Enggan Spekulasi Pidato 'Ojo Kesusu', Siap Taat Jokowi soal Capres

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 22 Mei 2022 19:17 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Ketua Umum DPP Projo Budi Arie Setiadi (kedua kanan) menyapa relawan ketika menghadiri Rakernas IV Projo di Jakarta, Minggu (16/9). Rakernas organisasi relawan pendukung Joko Widodo itu digelar dengan mengangkat tema Melanjutkan Kemenangan Rakyat. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/kye/18.
Presiden Jokowi (tengah) dan Ketua Umum Projo Budi Arie (kanan). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Jakarta -

Relawan Pro Jokowi (Projo) enggan berspekulasi soal maksud Presiden Jokowi memberi arahan 'ojo kesusu' capres 2024 dalam rakernas kemarin. Projo hanya mengingatkan undang-undang (UU) mengamanatkan bahwa pasangan capres-cawapres harus diusung partai politik (parpol) atau gabungan parpol.

"Kami dari Projo taat dan tunduk pada perintah Pak Jokowi. Karena merah kata Jokowi, merah kata Projo. Putih kata Jokowi, putih kata Projo," kata Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi kepada wartawan, Minggu (22/5/2022).

"Merah putih kata Jokowi, merah putih kata Projo," imbuhnya.

Budi Arie menuturkan sosok capres yang bakal didukung Projo harus diungkapkan dalam momen yang tepat. Dia hanya mengingatkan soal pencalonan pasangan capres-cawapres dalam pemilu.

"Kita tunggu momentum yang tepat. Yang pasti, konstitusi kita mengamanatkan capres dan cawapres diusung oleh parpol atau gabungan partai politik," kata Budi Arie.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi memberikan arahan soal capres 2024 kepada seluruh relawan Projo dalam rakernas di Magelang, Jawa Tengah, kemarin. Jokowi meminta Projo bersabar.

"Urusan politik? Ojo kesusu sik. Jangan tergesa-gesa," ujar Jokowi dalam sambutannya di lokasi Rakernas V Projo di Borobudur, Magelang, seperti dilansir dari detikJateng, Sabtu (21/5).

Dalam rakernas Projo, hadir pula Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Analisis beberapa pengamat, arahan 'ojo kesusu' adalah sinyal Jokowi condong ke Ganjar soal capres. Sementara di lingkaran PDIP, selain Ganjar, ada Puan Maharani yang disebut kandidat kuat capres 2024.

Simak Video 'Projo Akan Tentukan Kandidat Capres, Hasilnya Disampaikan ke Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]




(zak/imk)