Relawan GP Mania Yakin Pidato Jokowi Kode soal Ganjar, Siap Ikut Arahan

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 22 Mei 2022 16:47 WIB
Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Dok. Pemprov Jateng)
Jakarta -

Relawan Ganjar Pranowo (GP) Mania menganggap arahan 'ojo kesusu' dari Presiden Jokowi soal capres 2024 adalah isyarat dukungan untuk Ganjar. Namun, GP Mania bisa saja beralih mendukung Puan Maharani jika arahan Jokowi demikian.

"Pertama, kalau kita kan jelas, dari awal kita dukung Mas Ganjar Pranowo. Kedua, kalaupun tidak dapat tiket, kita akan bikin gerakan 'Sejuta Tiket untuk Ganjar dari Rakyat'," kata Ketua GP Mania Immanuel Ebenezer atau Noel kepada wartawan, Minggu (22/5/2022).

"Ketiga, pidato Presiden yang nggak kalah penting adalah mengisyaratkan dukungan untuk Mas Ganjar itu sebetulnya ya," imbuhnya.

Diketahui, Presiden Jokowi dalam Rakernas Relawan Projo di Magelang kemarin mengarahkan para relawannya untuk bersabar dengan menyebut 'ojo kesusu' soal capres 2024 yang akan mereka dukung. Noel mengaku hadir dalam acara tersebut.

Noel menyebut Jokowi juga sempat berandai capres yang akan didukung relawannya hadir juga dalam rakernas Projo kemarin. Noel menilai pengandaian Jokowi bisa dimaknai 2 hal.

"Saya kan hadir dalam acara Projo kan, saya hadir, dan Mas Ganjar hadir. Bahwa Presiden menyampaikan ke para peserta acara Rakernas Projo itu bahwa, 'walaupun orangnya yang kita dukung ada di sini', gitu, 'tapi, ojo kesusu', gitu. Sebetulnya kan itu jelas dan tegas ya," ucapnya.

"Saya tidak mau menginterpretasikan. Tapi, apa yang disampaikan Presiden saat pidato, ya saya nggak tahu maksudnya ke Mas Ganjar atau apa. Karena kan satu-satunya relawan Jokowi yang mendukung Mas Ganjar kan saya doang. Entah mengarahkan ke saya atau ke mana," imbuh Noel.

Lebih jauh Noel menuturkan GP Mania pada dasarnya tegak lurus terhadap arahan Jokowi. Sejauh ini, menurutnya, Jokowi membebaskan relawannya untuk menentukan pilihan politik.

"Karena begini, saya juga tegak lurus kepada Presiden kan. Tapi kan Presiden ini kan yang punya karakter sangat demokratik sekali. Dia juga menyerahkan pilihan-pilihan politik relawannya untuk 2024 itu kan terserah relawannya. Presiden kan menyampaikan saya akan minta pendapat pada relawan-relawannya pada suatu saat nanti," katanya.

Noel melihat Jokowi seperti tidak terbebani saat menyampaikan arahannya di Rakernas Projo. Meskipun demikian, Noel mengatakan GP Mania bisa saja beralih dukungan ke Puan jika arahan Jokowi demikian.

"Melihat pidatonya disampaikan dengan hati dan perasaan yang tidak terbebani. Arahan Presiden 2024 sepertinya ke Ganjar, dalam tanda kutip. Walaupun, nanti, seandainya, kalaupun Mbak Puan pilihannya, seluruh relawan Jokowi akan memilih Mbak Puan," pungkasnya.

(zak/imk)