Anies: Fahmi Idris Tak Pernah Berhenti Jadi Aktivis Sampai Jelang Akhir Hayat

Karin Nur Secha - detikNews
Minggu, 22 Mei 2022 16:11 WIB
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut hadir dalam prosesi pemakaman politikus senior Fahmi Idris. Jenazah Fahmi Idris baru saja tiba di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, usai disemayamkan di rumah duka di bilangan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Pantauan detikcom, Minggu (22/5/2022) pukul 14.52 WIB, tampak jenazah Fahmi Idris tiba di tanah pemakaman. Keluarga dan kerabat menyambut mengeluarkan jenazah Fahmi dari ambulans dan mengiringinya ke tempat peristirahatan terakhir.

Dalam kesempatan ini, Anies menyampaikan belasungkawa yang mendalam terhadap Fahmi Idris. Anies menilai semasa hidup Fahmi Idris hingga menjelang akhir hayatnya, almarhum tetap menjadi aktivis yang turut menentukan arah perjalanan negara dan bangsa.

"Beliau masa belianya sudah menjadi aktivis yang ikut menentukan arah perjalanan negara dan bangsa kita, Ketua Laskar Arif Rahman Hakim aktivis angkatan 66 dan sesudah itu beliau tidak berhenti jadi aktivis sampai menjelang akhir hayatnya. Beliau selalu peduli, aktif, terlibat," kata Anies, Minggu (22/5/2022).

Anies menemukan keteladanan Fahmi dalam berjuang. Dia mengaku turut merasa kehilangan sosok Fahmi.

"Kami merasa kehilangan, InsyaAllah husnul khatimah, InsyaAllah ditinggikan derajatnya, InsyaAllah dan segala amal jariyah, InsyaAllah jadi amal tanpa putus bagi almarhum," ungkap Anies.

Anies mendoakan keluarga yang ditinggalkan almarhum termasuk sang putri, Fahira Idris, diberikan kekuatan. "Dan kita mendoakan semoga keluarga diberi kekuatan ketabahan dan Ibu Fahira sebagai salah satu anak yang aktif meneruskan perjuangan ayahanda, InsyaAllah bisa terus bawa nama hesar, nama baik Pak almarhum Fahmi Idris," sambungnya.

Simak selengkapnya di halaman berikut.