Senangnya Warga Saat CFD Jakarta Dibuka Lagi Usai 2 Tahun

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Minggu, 22 Mei 2022 09:22 WIB
Jakarta -

Warga Jakarta Timur kembali memanfaatkan momen car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) untuk berolahraga di Jl Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur. Sebelumnya, CFD sempat dihentikan selama dua tahun lantaran pandemi COVID-19.

Pantauan detikcom, Minggu (22/5) sejak pukul 07.10 WIB di lokasi, sejumlah warga sudah tampak ramai di perempatan Arion-Velodrome di Jl Pemuda. Kawasan sekitar Arion-Velodrome tersebut telah ramai dijaga petugas gabungan Dishub dan Kepolisian.

Lalu lintas Jl Pemuda menuju Jl Raya Bekasi mulai dari perempatan Arion sudah ditutup kepolisian. Pengendara yang hendak melintasi jalur tersebut dialihkan menuju Jl Balap Sepeda dan Jl Paus.

Selain petugas Dishub dan Kepolisian, tampak personel Palang Merah Indonesia bersiaga di depan akses memasuki HKBK Jl Pemuda. Setidaknya ada 2 mobil ambulans yang berjaga di sekitar itu. Kemudian, petugas PPSU juga menjaga tempat sampah yang disediakan di sepanjang jalan HKBK.

Warga tampak antusias atas dibukanya kembali HKBK tersebut. Terlihat warga melakukan kegiatan olahraga, seperti bulu tangkis, bersepeda, bermain sepak bola, hingga berlari kecil. Namun, ada juga warga yang berjalan santai menikmati momen HKBK dibuka kembali.

Salah satu warga yang mengikuti kegiatan HKBK adalah Beka (27). Dia sengaja datang untuk berolahraga di Jl Pemuda tersebut.

"Akhirnya bisa berolahraga lagi. Sudah lama tidak olahraga di sini. Alhamdulillah bisa CFD lagi," ujar Beka di Jl Pemuda, saat diwawancara detikcom, Minggu (22/5/2022).

Mayoritas warga yang beraktivitas di HKBK Jl Pemuda tampak sudah tidak mengenakan masker atau sekadar menurunkan maskernya. Namun, masih ada beberapa yang masih tetap mengenakan masker.

Warga Jakarta Timur kembali memanfaatkan momen Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) untuk berolahraga di Jl Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur.Warga Jakarta Timur kembali memanfaatkan momen car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) untuk berolahraga di Jl Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur. (M Hanafi/detikcom)

Salah satu warga yang tidak menggunakan masker adalah Amar. Dia datang bersama rombongannya untuk jalan santai di kawasan tersebut.

"Pengap kalau pakai masker," ucap Amar.

Dalam kegiatan CFD tersebut, tidak terlihat pedang kaki lima yang berjualan di HKBK Jl Pemuda. Namun, di beberapa titik Jl penghubung menuju Jl Pemuda terlihat pedagang kaki lima yang ramai diserbu warga.

(aik/aik)