CFD di Kawasan Simpang Harmoni Jakpus Diikuti Lansia

Mulia Budi - detikNews
Minggu, 22 Mei 2022 09:45 WIB
Supinah (61) (duduk di kursi roda), ikut CFD di kawasan Simpang Harmoni, Jakarta Pusat, Minggu (22/5/2022).
Supinah (61) (duduk di kursi roda), ikut CFD di kawasan Simpang Harmoni, Jakarta Pusat, Minggu (22/5/2022). (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta - Car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) kembali dibuka mulai hari ini. Suasana CFD di Jl Suryo Pranoto, Jakarta Pusat, tidak begitu ramai oleh warga yang berolahraga.

Pantauan detikcom di lokasi, Minggu (21/5/2022) pukul 08.30 WIB, suasana CFD di Jl Suryo Pranoto dipenuhi anak-anak yang bermain bola. Tampak pejalan kaki maupun pesepeda sesekali lewat.

Anak-anak yang bermain bola di tengah jalan terlihat tidak menggunakan masker. Pejalan kaki maupun pesepeda ada yang mengenakan masker, tapi ada juga yang melepasnya.

Terlihat petugas gabungan, yaitu kepolisian, personel Dinas Perhubungan (Dishub), dan Satpol PP, berjaga di lokasi. Mereka sempat menghentikan pemotor yang ingin menuju simpang Harmoni dari lampu merah di Jl Kesehatan.

Petugas pun mengarahkan pemotor menggunakan jalan alternatif. Selain itu, tidak ada pedagang kaki lima (PKL) yang mangkal di sekitar lokasi.

Salah satu pejalan kaki, Nunun Nurholifah (44), mengaku senang CFD kembali dibuka. Dia memilih joging di Jl Suryo Pranoto karena jaraknya yang dekat dengan rumah.

"Dibuka lagi car free day ya bagus jadi kita bisa olahraga setelah selama ini kan diam di rumah aja kan, dengan mulai dibuka ini kembali ya kita bisa gerak bisa olahraga lagi mudah-mudahan bisa sehat," kata Nunun Nurholifah.

"Pertama, lebih dekat ke rumah karena kan bawa yang kecil tuh naik sepeda tadinya mau ke situ Thamrin, cuma kejauhan, udahalah ini udah dibuka, lebih deket sama rumah, lebih enak bisa naik sepeda capek langsung pulang," sambungnya.

Nunun memilih tetap menggunakan masker saat joging. Dia mengaku merasa aneh jika tidak menggunakan masker di tempat umum.

"Masih prokes aja karena biarpun katanya Pak Jokowi udah bilang boleh ya di tempat umum nggak pakai masker asal sehat, bukan lansia, tidak komorbit, cuma karena kita udah kebiasaan juga pakai masker, keluar kayaknya lebih ini aja jadi lebih kebiasaan aja jadinya kalau nggak pakai rasanya aneh," tuturnya.

Lansia bernama Supinah (67) mengatakan hal senada dengan Nunun. Dia mengaku senang dapat kembali merasakan CFD pagi ini.

Suasana CFD di Simpang Harmoni Jakarta Pusat.Suasana CFD di Simpang Harmoni Jakarta Pusat. (Mulia Budi/detikcom)



"Mana yang baik aja, apa yang dikata (pakai masker), saya ikutin aja, senang tapi kalau ada kendaraan takut," ujar Supinah.

Supinah mengatakan dirinya menggunakan masker untuk mengikuti aturan pemerintah. Dia merasa takut jika ada kendaraan dan polusi yang membuat kesehatannya menurun.

"Udah biasa, tapi kalau nggak biasa takutnya ada udara debu masuk lagi," ujarnya.

Pejalan kaki lainnya, Astuti (36) dan Sumiem (51), mengaku senang dapat berolahraga tanpa ada kendaraan. Mereka memilih tetap menggunakan masker karena mengaku sudah menjadi kebiasaan.

"Olahraga aja gitu biar menghirup udara segar, kan enak udaranya masih seger ya belum banyak polusi sekalian CFD. Kalau aku emang terbiasa di kereta pun saya juga pakai masker, udah biasa pakai masker paling kalau engap baru dibuka gitu," kata Astuti.

"Senang banget, alhamdulillah, mudah-mudahan kembali normal, mudah-mudahan semuanya masyarakat biar apa sih biar nggak ada apa-apa lagi biar sehat semuanya Indonesia biar sehatlah," ujar Sumiem.

Simak Video 'CFD Digelar Lagi, Warga Ramai Olahraga di Bundaran HI':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)