Anggota Komisi IX DPR Minta Pemprov DKI Cegah Warga Berkerumun Saat CFD

Isal Mawardi - detikNews
Minggu, 22 Mei 2022 08:19 WIB
Meski CFD masih belum diberlakukan sejumlah warga tampak asyik bersepeda di kawasan Ibu Kota. Seperti apa potretnya?
Ilustrasi CFD (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Car free day (CFD) Jakarta kembali digelar. Anggota Komisi IX DPR Fraksi PAN Saleh P Daulay meminta Pemprov DKI Jakarta mencegah warga berkerumun saat CFD.

"Meskipun sudah boleh buka masker di tempat terbuka, pemerintah diminta untuk tetap menjaga agar tidak ada kerumunan dalam CFD. Orang boleh jalan kaki dan bersepeda. Tetapi jangan berkerumun. Perlu ditekankan bahwa kita masih harus tetap waspada," ujar Saleh ketika dihubungi, Sabtu (21/5/2022).

Menurutnya, CFD sudah aman digelar kembali seiring dengan menurunnya kasus Corona di Jakarta. Dia mengatakan CFD bisa membuat warga semangat mengawali pekan berikutnya.

"CFD itu bisa dimanfaatkan untuk berolahraga bersama keluarga, teman, dan anggota masyarakat lain. Orang yang mengikuti CFD biasanya merasa fresh dan segar. Bisa meningkatkan semangat dan gairah kerja di awal pekan," lanjut Saleh.

CFD, kata Saleh, dapat menjadi pintu masuk untuk mempersiapkan semua pihak menuju endemi Corona. Anggota komisi yang membidangi kesehatan di DPR ini menyebut endemi menjadi fase semua pihak beradaptasi dengan kebiasaan baru menghadapi virus dan penyakit.

"Karena itu, kegiatan masyarakat harus tetap memperhatikan protokol kesehatan. Hal-hal penting yang menyangkut ketahanan masyarakat di bidang kesehatan harus tetap dijaga dan diperhatikan. Termasuk tentunya dalam kegiatan CFD," ucap Saleh.

Wajib Scan PeduliLindungi

Sebelumnya, Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan para pengunjung CFD diwajibkan melakukan scan QR code PeduliLindungi atau menunjukkan sertifikat vaksin COVID-19 kedua. Syafrin mengimbau masyarakat taat protokol kesehatan.

"Pengunjung diwajibkan untuk scan QR code PeduliLindungi atau menunjukkan minimal sertifikat vaksin kedua," ujar Syafrin.

Syafrin menegaskan CFD hanya untuk olahraga. Tidak boleh ada yang berjualan di sana.

"HBKB terbatas boleh dilakukan hanya untuk kegiatan olahraga. Di lokasi juga akan kami pastikan tidak ada kegiatan partisipan dan pedagang kaki lima (PKL)," lanjut Syafrin.

Berikut ini daftar 6 lokasi CFD Jakarta:

1. Jalan Jenderal Sudirman-Jl MH Thamrin
(Patung Arjuna Wijaya s.d. Patung Pemuda Membangun)
2. Jalan Sisingamangaraja (Patung Pemuda Membangun sampai CSW), Jakarta Selatan
3. Jalan Tomang Raya (Simpang Tomang sampai Business Hotel Tomang), Jakarta Barat
4. Jalan Danau Sunter Selatan (Simpang Karya Beton sampai GOR Sunter), Jakarta Utara
5. Jalan Suryo Pranoto (Simpang Harmoni sampai Simpang RSUD Tarakan), Jakarta Pusat
6. Jalan Pemuda (Simpang Arion sampai Simpang TU-GAS), Jakarta Timur.

Simak Video 'CFD Dibuka, Wagub DKI: Jaga Kebersihan-Taat Prokes':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/haf)