Lokasi Car Free Day Jakarta, Cek Infonya di Sini

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Sabtu, 21 Mei 2022 16:27 WIB
Lokasi Car Free Day Jakarta berada di enam titik ibu kota. CFD Jakarta kembali digelar oleh Pemprov DKI Jakarta setelah 2 tahun tak beroperasi karena COVID-19.
Lokasi Car Free Day Jakarta, Cek Infonya di Sini (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Lokasi Car Free Day Jakarta berada di enam titik ibu kota. Car Free Day (CFD) Jakarta kembali digelar oleh Pemprov DKI Jakarta setelah 2 tahun tak beroperasi karena COVID-19.

Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) biasanya diadakan saat akhir pekan. Berikut ini informasi selengkapnya tentang Car Free Day mendatang.

6 Lokasi Car Free Day Jakarta

Car Free Day (CFD) Jakarta akan dimulai pada Minggu, (22/5/2022). Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan CFD akan digelar secara terbatas mulai dari pukul 06.00-10.00 WIB.

"Dalam rangka meningkatkan kualitas udara Jakarta, maka Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) akan kembali dilaksanakan dengan pola terbatas. Pelaksanaan dimulai hari Minggu, 22 Mei 2022, pukul 06.00-10.00 WIB," kata Syafrin dalam keterangan tertulis, Jumat (20/5/2022)

Daftar 6 lokasi CFD Jakarta hari Minggu nanti adalah sebagai berikut:

  1. Jalan Jend. Sudirman-Jl MH Thamrin (Patung Arjuna Wijaya s.d. Patung Pemuda Membangun)
  2. Jalan Sisingamangaraja (Patung Pemuda Membangun s.d. CSW), Jakarta Selatan
  3. Jalan Tomang Raya (Simpang Tomang s.d. Business Hotel Tomang), Jakarta Barat
  4. Jalan Danau Sunter Selatan (Simpang Karya Beton s.d. GOR Sunter), Jakarta Utara
  5. Jalan Suryo Pranoto (Simpang Harmoni s.d. Simpang RSUD Tarakan), Jakarta Pusat
  6. Jalan Pemuda (Simpang Arion s.d. Simpang TU-GAS), Jakarta Timur.

PKL Tidak Boleh Masuk

Syafrin menambahkan CFD pekan ini hanya dilakukan untuk kegiatan olahraga. Dia memastikan tidak ada kegiatan lain serta Pedagang Kaki Lima (PKL) di lokasi CFD.

"HBKB terbatas boleh dilakukan hanya untuk kegiatan olahraga. Di lokasi juga akan kami pastikan tidak ada kegiatan Partisipan dan Pedagang Kaki Lima (PKL)," ucap Syafrin.

Pengunjung Diimbau Tetap Pakai Masker

Masyarakat yang akan beraktivitas di CFD Jakarta diminta untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi atau menunjukkan sertifikat vaksin COVID-19 kedua.

"Selain itu, para pengunjung diwajibkan untuk scan QR Code Peduli Lindungi atau menunjukkan minimal Sertifikat Vaksin kedua," kata Syafrin.

Meskipun Presiden Jokowi telah mengumumkan aturan lepas masker di ruang terbuka, Dishub DKI Jakarta tetap mengimbau pengunjung kegiatan CFD Jakarta untuk membawa masker. Warga juga disarankan memakai masker saat suasana di lokasi Car Free Day Jakarta mulai ramai.

"Seluruh masyarakat pengunjung HBKB yang akan beraktivitas di lokasi pelaksanaan HBKB terbatas agar memenuhi ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan untuk kebaikan bersama, serta kami imbau untuk tetap membawa masker untuk digunakan saat suasana sangat ramai" lanjutnya.

(kny/dnu)