Warga Ramai Datangi CFD di Bundaran HI, Mayoritas Pakai Masker

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 22 Mei 2022 07:35 WIB
Jakarta -

Car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) kembali diterapkan di Jakarta per hari ini. Warga beramai-ramai mendatangi kawasan Bundaran HI di Jakarta Pusat. Begini suasananya.

detikcom memantau suasana di sepanjang kawasan Bundaran HI pada Minggu (22/5/2022) per pukul 7.20 WIB. Warga datang dengan bersepeda ataupun berjalan kaki.

Banyak pula warga yang datang bersama keluarga besar. Bahkan, ada yang membawa bayi menggunakan stroller.

Tak semua warga yang datang ke lokasi memakai masker sambil berolahraga. Meski begitu, sebagian besar warga masih menggunakan masker ketika menyambangi lokasi ini.

Petugas gabungan yang terdiri dari aparat Polri, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta tersebar di berbagai titik. Mereka mengatur lalu lintas sehingga warga leluasa berolahraga.

Sepanjang jalur Sudirman-MH Thamrin pagi ini bebas dari kendaraan bermotor. Bahkan, petugas sudah menutup akses kendaraan bermotor sejak di kawasan Patung Kuda.

Mereka dialihkan ke Jalan Merdeka Selatan dan Jalan Budi Kemuliaan.

Sebagaimana diketahui, Pemprov DKI Jakarta memberlakukan car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor (HBKB). Sebanyak 6 titik akan diterapkan CFD setiap akhir pekan.

"Seluruh masyarakat pengunjung HBKB yang akan beraktivitas di lokasi pelaksanaan HBKB terbatas agar memenuhi ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan untuk kebaikan bersama. Serta kami imbau untuk tetap membawa masker untuk digunakan saat suasana sangat ramai," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo dalam keterangan tertulis, Jumat (20/5).

CFD diberlakukan pada pukul 06.00-10.00 WIB. Syafrin mengatakan CFD hanya dibolehkan untuk masyarakat yang berolahraga dan pedagang kali lima akan dilarang masuk.

Simak 6 titik CFD di Jakarta pada halaman berikut.