CFD Jakarta Diadakan Lagi, PDIP Ingatkan Lansia-Komorbid Hati-hati

Isal Mawardi - detikNews
Minggu, 22 Mei 2022 07:14 WIB
Pemprov DKI Jakarta meniadakan pelaksanaan 32 kawasan khusus pesepeda mulai hari ini. Hal itu dilakukan karena masih ada warga yang tak patuh protokol kesehatan
Ilustrasi (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Car Free Day alias Hari Bebas Kendaraan di Jakarta diadakan lagi hari ini. PDIP mengingatkan lansia dan penderita komorbid untuk hati-hati.

"(Perlu) Diberikan peringatan-peringatan juga kepada warga dengan suasana yang sudah tidak menggunakan masker bagi orang-orang yang belum sehat, komorbid perlu juga hati-hati. Lansia dan Komorbid," ujar anggota DPRD DKI Jakarta F-PDIP Jhonny Simanjuntak, ketika dihubungi, Sabtu (21/5/2022).

Jhonny mengatakan petugas keamanan perlu rutin mengingatkan lansia dan penderita komorbid di area CFD. Bisa lewat tulisan ataupun pengeras suara.

"Jadi harus ada pemberitaan dan tulisan di berbagai tempat untuk mengingatkan mereka, atau petugas keamanan menggunakan pengeras suara dan orang-orang tertentu harus hati-hati," jelas Jhonny.

Menurut Jhonny, pembukaan kembali CFD merupakan sesuatu yang dibutuhkan masyarakat sebagai suatu wahana untuk bisa bergembira bersama keluarga.

Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PIDP, Ima Mahdiah, sependapat dengan Jhonny. Ima mendukung penuh CFD digelar lagi.

"Sudah hampir 3 pekan setelah lebaran dan alhamdulillah tidak ada peningkatan jumlah suspect positif atau bahkan tanda-tanda munculnya gelombang baru. Tentu masyarakat sudah rindu untuk menghabiskan aktivitas mereka di CFD," jelas Ima.

"Yang perlu diperhatikan jangan sampai terjadi euforia berlebihan, tetap prokes dan juga bagi yang mempunyai komorbid dan rentan, sebaiknya tidak usah dahulu datang ke CFD sampai benar-benar kita sudah di fase endemic," lanjutnya.


Wajib Scan PeduliLindungi

Sebelumnya, Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan para pengunjung CFD diwajibkan untuk scan QR code PeduliLindungi atau menunjukkan sertifikat vaksin COVID-19 kedua. Syafrin mengimbau masyarakat agar taat protokol kesehatan.

"Pengunjung diwajibkan untuk scan QR code PeduliLindungi atau menunjukkan minimal sertifikat vaksin kedua," ujar Syafrin.

Syafrin menegaskan CFD hanya untuk olahraga. Tidak boleh ada yang berjualan di sana.

"HBKB terbatas boleh dilakukan hanya untuk kegiatan olahraga. Di lokasi juga akan kami pastikan tidak ada kegiatan partisipan dan pedagang kaki lima (PKL)," lanjut Syafrin.

Berikut ini daftar 6 lokasi CFD Jakarta:

1. Jalan Jenderal Sudirman-Jl MH Thamrin
(Patung Arjuna Wijaya s.d. Patung Pemuda Membangun)
2. Jalan Sisingamangaraja (Patung Pemuda Membangun sampai CSW), Jakarta Selatan
3. Jalan Tomang Raya (Simpang Tomang sampai Business Hotel Tomang), Jakarta Barat
4. Jalan Danau Sunter Selatan (Simpang Karya Beton sampai GOR Sunter), Jakarta Utara
5. Jalan Suryo Pranoto (Simpang Harmoni sampai Simpang RSUD Tarakan), Jakarta Pusat
6. Jalan Pemuda (Simpang Arion sampai Simpang TU-GAS), Jakarta Timur.

Simak Video 'CFD Dibuka, Wagub DKI: Jaga Kebersihan-Taat Prokes':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/idh)