Marah Ditegur Buang Sampah Sembarangan Bikin Pria di Bekasi Diburu Pemkot

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 22 Mei 2022 06:00 WIB
Pria di Bekasi marah saat ditegur untuk tak membuang sampah sembarangan.
Foto: Pria paruh baya terlibat perdebatan dengan pria yang lebih muda darinya. Pria paruh baya itu membela diri dan marah saat ditegur karena membuang sampah dalam jumlah banyak sembarangan. (Tangkapan layar video viral)
Bekasi -

Seorang pria paruh baya kedapatan membuang sekarung sampah di sebuah lahan, Bekasi, Jawa Barat (Jabar). Aksinya dilihat oleh warga yang melintas, kemudian berujung teguran agar tak membuang sampah sembarangan.

Pria paruh baya tersebut lantas membela diri dan terlibat perdebatan dengan penegur. Sosok pembuang sampah itu kemudian direkam dalam video dan viral di media sosial.

"Ini video diambil 5 Mei 2022, berawal kami menegur dengan baik terhadap bapak di video ini, dikarenakan membuang sampah berkarung dan plastik dengan jumlah banyak. Bapak dan ibu ini membuang sampah bukan pada tempat pembuangan sampah (TPS/TPA), melainkan di lahan ruko perumahan. Tapi tanggapan bapak ini berbicara dengan tidak sopan," ucap akun TikTok @orieyancelia, seperti dilihat detikcom dalam video tersebut, Sabtu (21/5/2022).

Kejadian tersebut terjadi di Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat (Jabar). Pria paruh baya yang terlihat mengenakan topi abu, baju hitam, jaket biru dan celana panjang hitam itu bicara berhadap-hadapan dengan pria yang menegurnya.

Usia pria yang menegur si Bapak terlihat lebih muda. Sementara perekam bersuara perempuan dan memihak pada penegur.

Perekam juga merekam sosok perempuan yang diduga istri pembuang sampah. Perekam terdengar sesekali menimpali perdebatan antara penegur dengan pembuang sampah.

Menyikapi perilaku pria paruh baya dalam video yang viral itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Bekasi Yayan Yuliana mengatakan akan mencari identitas pembuang sampah. Nantinya, jika ketemu, petugas kebersihan Pemkot Bekasi akan memberikan pemahaman tentang perilaku bapak tersebut yang salah.

"Kita sudah memerintahkan kepada Kepala Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Rawalumbu, supaya melihat langsung ke lokasi. Kalau ada si yang buang sampah itu, Bapak yang ngamuk ditegur. Kita coba cari identitasnya, kemudian menemui orangnya, ya kita akan mengasih pemahaman, karena tindakan mereka yang salah," ujarnya kepada detikcom.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan juga 'Saat Sampah Menggunung di Pantai Citepus Istana Presiden':

[Gambas:Video 20detik]