Komplotan Begal Bersenpi di DKI dan Bekasi Ditangkap, Ada Pemodal

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 21 Mei 2022 19:26 WIB
due pengendara speda motor menjambret pejalan kaki
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Tim Opsnal Unit 2 Subdit Jatanras Polda Metro Jaya menangkap kelompok begal yang kerap beraksi di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Dalam aksinya komplotan tersebut selalu mempersenjatai diri dengan senjata api.

Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi mengatakan, total ada sembilan pelaku yang ditangkap. Salah satu pelaku bahkan berperan sebagai pemodal.

"Pemodal ini yang menyediakan sejumlah peralatan yang dibutuhkan oleh para pelaku saat beraksi, termasuk dana operasional," kata Hengki kepada wartawan, Sabtu (21/5/2022).

Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Awaludin Amin menambahkan, kasus ini terungkap usai adanya laporan dari masyarakat. Warga mengaku resah dengan aksi begal menggunakan senjata api yang kerap terjadi di Bekasi dan beberapa wilayah di Jakarta.

"Dari laporan tersebut kami langsung membentuk tim untuk melakukan penyelidikan, mengumpulkan keterangan untuk menangkap pelaku," jelas Awaludin.

Penyelidikan itu kemudian menemukan titik terang. Para pelaku berhasil ditangkap di Bekasi hingga di Merak, Banten.

Sembilan pelaku itu ditangkap atas perannya masing-masing. Selain satu orang pemodal, pelaku yang berperan sebagai eksekutor hingga penadah barang curian pun ikut ditangkap.

"Kita berhasil mengamankan uang tunai jutaan rupiah dari tangan pelaku. Petugas juga mengamankan sejumlah kedaraan hasil curian dan alat yang digunakan saat beraksi seperti kunci letter T," pungkas Awaludin.

(ygs/idh)