2 Tahun Vakum, Pemkot Bogor Bakal Gelar HJB Tahun Ini

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Sabtu, 21 Mei 2022 17:42 WIB
Wali Kota Bogor Bima Arya (Rizky Adha-detikcom)
Foto: Wali Kota Bogor Bima Arya (Rizky Adha-detikcom)
Jakarta -

Gelaran budaya Hari Jadi Bogor (HJB) sempat vakum selama dua tahun pada 2020 dan 2021. Namun, tahun ini Pemkot Bogor bakal menggelarnya kembali.

"HJB sudah ada konsep rangkaian dan saya kira ini juga termasuk rangkaian. Tanggal 3 Juni kita akan melihat suguhan atraksi sanggar-sanggar di Kota Bogor," kata Wali Kota Bogor, Bima Arya kepada wartawan, Sabtu (21/5/2022).

Helaran budaya HJB tahun ini sendiri rencananya akan berpusat di Alun-alun Kota Bogor. Berarti, tahun ini Bogor akan merayakan HJB yang ke-540.

"HJB kita pusatkan di Alun-alun Kota Bogor inshaallah," jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Kota Bogor Atep Budiman menyebut panitia helaran budaya HJB telah dibentuk. Untuk agenda kegiatannya sendiri, tidak sebesar seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Saya bertanggung jawab di beberapa event kegiatan acara helaran di Alun-alun. Pawai cuma skalanya tidak terlalu besar seperti yang sudah-sudah. Waktunya terbatas, suasananya kan transisi pandemi menuju endemi. Walaupun statistiknya sudah bagus," kata Atep.

Atep mengatakan budaya HJB akan digelar mulai pagi. Dimulai dengan rapat paripurna, dilanjutkan dengan pameran dan atraksi kebudayaan.

"Nanti sore harinya di Alun-alun Kota Bogor," jelasnya.

"Perwakilan Jogja juga ada. Nanti Pak Wali mau ada penampilan ludruk Jawa beserta komunitas Jogja di Jabodetabek. Wali Kota ingin mereka ikut andil dalam memeriahkan tampil di Wali Kota disiapkan di Juni juga," terangnya.

(azh/azh)