Longsor Terjadi di Lebak Banten, Lalin Menuju Daerah Citorek Terhambat

Fathul Rizkoh - detikNews
Sabtu, 21 Mei 2022 00:04 WIB
Longsor di Lebak Banten
Foto: Dok. Istimewa
Lebak -

Tanah longsor menutupi ruas jalan Citorek-Warungbanten tepatnya di Jembatan Citakogag, Kampung Cinyiru, Desa Banjarsari, Kecamatan Lebak Gedong, Banten. Akibatnya, lalu lintas menuju daerah Citorek menjadi terhambat.

Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak Febby Rizky Pratama mengatakan, tanah longsor terjadi pada pukul 19.30 WIB yang berasal dari tebing di sekitar ruas jalan. Hujan deras yang mengguyur sejak pukul 16.00 WIB diperkirakan menjadi pemicu bencana ini.

"Material longsoran hanya menutupi ruas jalan saja. Sampai sekarang antrean kendaraan cukup lumayan, motor sudah bisa melalui walaupun bergantian. Jalannya juga cukup sempit, jadi baru motor saja yang bisa lewat, mobil sama sekali belum bisa lewat," kata Febby kepada detikcom dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Jumat (20/5/2022).

Dia mengatakan, saat ini satu alat berat berupa buldoser sudah diturunkan ke lokasi untuk membersihkan longsoran tanah. Proses pembersihan material longsor pun masih dilakukan.

"Alat berat, satu buldoser langsung diturunkan, sekarang masih proses pembersihan," ujarnya.

Lebih lanjut Febby mengatakan, belum ada laporan korban jiwa maupun korban luka akibat bencana tanah longsor. Meski begitu, dia menghimbau kepada pengendara dan seluruh warga Lebak untuk berhati-hati apabila melalui daerah rawan longsor.

"Bagi yang tinggal atau akan melalui daerah rawan longsor harus hati-hati. Karena masih musim peralihan yah, hujan masih akan terjadi secara tiba-tiba. Tidak hanya tanah longsor, pohon tumbang dan tanah-tanah yang menjadi licin, itu juga bisa menjadi bencana jadi harus berhati-hati," imbaunya.

(maa/maa)