Terpilih Jadi Rektor UGM, Ini Fokus 100 Hari Pertama Ova Emilia

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 20 Mei 2022 23:30 WIB
Ova Emilia terpilih sebagai rektor UGM
Prof Ova Emilia terpilih menjadi rektor UGM periode 2022-2027 (Foto: Firsto/UGM)
Sleman -

Prof Ova Emilia terpilih menjadi rektor UGM periode 2022-2027. Untuk awalan 100 hari kerja pertama Ova Emilia akan berfokus mendengar masukan dari semua unit kerja di UGM.

"Yang jelas nanti dalam 100 hari ke depan kita mencoba lebih banyak mendengar dari apa problem-problem di unit kerja UGM," kata Ova seperti dilansir detikJateng, Jumat (20/5/2022).

Ova menguraikan sejumlah strategi dan program kerja seperti memperkuat pendidikan transdisiplin yang mendorong kewirausahaan sosial, kemandirian, dan keberagaman; memperkuat pengabdian yang komprehensif dan berkesinambungan untuk penyelesaian permasalahan wilayah dengan melibatkan sivitas akademika dan alumni; serta memperkuat atmosfer kampus yang sehat, ramah lingkungan, berbudaya, dan bertanggung jawab secara sosial.

"Kita akan menjadi mitra yang tetap kritis, tetapi juga konstruktif untuk kemajuan kita bersama," ucapnya.

Oca tercatat sebagai rektor perempuan kedua di UGM. Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM itu memperoleh 21 suara. Sementara kandidat lain, Prof Deendarlianto, mendapatkan 3 suara dan Prof Bambang Agus Kironoto mendapatkan 1 suara.

Pemilihan dan penetapan rektor diikuti oleh 17 anggota Majelis Wali Amanat (MWA) secara luring dan 1 anggota secara daring. Anggota MWA yang hadir secara luring di antaranya Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, Sri Sultan Hamengkubuwono X, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Mochamad Basuki Hadimuljono, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Simak selengkapnya di sini.

Siomay Dua Putera Mang Ujang, Sehari Ludes Terjual dalam 2 Jam

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/zap)