Polda Metro Siapkan Pengamanan Demo Buruh di Depan DPR Besok

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 20 Mei 2022 17:33 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan. Dok. Istimewa
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Massa buruh akan kembali turun ke jalan untuk menyampaikan aspirasinya. Massa buruh direncanakan kembali menggelar demo di depan gedung MPR/DPR besok.

"Polda Metro sudah mendapat pemberitahuan dari elemen yang menyampaikan pendapat di muka umum. Untuk kegiatan hari ini dan juga ada termasuk di DPR/MPR besok," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (20/5/2022).

Zulpan mengatakan pihaknya telah menyiapkan pengamanan terkait aksi demo pada Sabtu (21/5) besok. Peserta aksi pun diminta kooperatif dan mengikuti aturan dalam menyampaikan pendapat di muka umum.

"Semua elemen yang mau menyampaikan pendapat di muka umum sebagaimana diatur Nomor 9 Tahun 1998. Tentunya juga harus menjaga ketertiban umum dan ruang publik yang lain dan tidak tersusupi oleh orang lain yang nanti merusak daripada acara penyampaian pendapat ini," jelas Zulpan.

Demo akan dimulai pukul 10.00 WIB dengan titik kumpul di depan gedung DPR RI.

Polisi belum memerinci soal personel pengamanan yang akan diturunkan dalam demo besok. Namun setidaknya ada 500 peserta aksi yang akan menggelar unjuk rasa besok di depan gedung DPR.

"Kalau untuk massa kurang lebih 500. (Personel pengamanan) nanti akan kami sampaikan melihat eskalasi yang ada di lapangan. Pengamanan tentunya lebih dari jumlah massa yang hadir," ucap Zulpan.

Lebih lanjut Zulpan memastikan tidak ada pengamanan khusus terkait unjuk rasa besok. Masyarakat pun dipastikan bisa beraktivitas secara normal.

"Saya juga mengimbau kepada masyarakat tetap beraktivitas biasa. Polda Metro Jaya akan menjamin keamanan semua masyarakat, termasuk giat perekonomian agar tidak terganggu. Semua aktivitas seperti biasa," pungkas Zulpan.

Simak Video: Mahasiswa Geruduk DPR RI Protes Harga Sembako-Gaji Guru

[Gambas:Video 20detik]



(mea/hri)