Massa Aksi Pendukung UAS Mulai Berdatangan di Depan Kedubes Singapura

Mulia Budi - detikNews
Jumat, 20 Mei 2022 15:04 WIB
uas
Massa Periasi mulai datang di depan Kedubes Singapura. (Mulia/detikcom)
Jakarta -

Massa Pertahanan Ideologi Sarekat Islam (Perisai) pendukung Ustaz Abdul Somad (UAS) siang ini menggelar aksi di depan Kedutaan Besar (Kedubes) Singapura, Setiabudi, Jakarta Selatan. Saat ini massa tampak mulai sudah berdatangan di lokasi.

Pantauan detikcom di depan gedung Kedubes Singapura di Jalan HR Rasuna Said, Jumat (20/5/2022), sekitar pukul 14.21 WIB, terlihat massa mulai berkumpul. Di sekitar lokasi, tampak petugas polisi sedang berjaga.

Massa tampak membawa tiang bendera Merah Putih. Mereka juga membawa alat pengeras suara serta membagikan kertas berisi tuntutan.

Selain polisi, di lokasi saat ini terlihat ada personel dari Dinas Perhubungan (Dishub) guna mengatur arus lalu lintas. Hingga kini situasi arus lalu lintas di depan Kedubes Singapura masih terpantau ramai lancar.

Kapolsek Setia Budi Kompol Agung Permana menyebut ada 50 personel yang dikerahkan untuk mengamankan aksi tersebut. Pihaknya sampai saat ini belum melakukan rekayasa arus lalu lintas di sekitar lokasi.

"Pengamanannya ya tindakan dari Kepolisian pasti kita mengerahkan, baik dari polres maupun polsek, ya untuk pengamanan hari ini. Kemudian untuk lalu lintas tidak ada pengalihan atau penutupan jalan nggak ada. Kurang-lebih hari ini sekitar 50 personel, 50-100 personel," kata Kapolsek Setia Budi Kompol Agung Permana kepada wartawan di Kedubes Singapura, Jumat (20/5).

Agung mengungkapkan, pihaknya melibatkan Dishub guna menjaga arus lalu lintas. Dia menjelaskan tidak ada pengamanan khusus dalam mengawal jalannya aksi tersebut.

"Dishub kan takutnya lalu lintas, kita minta perbantuan dari temen-temen Dishub karena terkait lalu lintas juga kan perlu diatur," ujarnya.

Seperti diketahui, massa Periasi menggelar demo di Kedutaan Besar (Kedubes) Singapura untuk Indonesia di Jl Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, siang ini. Massa demo berkaitan dengan Ustaz Abdul Somad (UAS) yang ditolak masuk Singapura.

"Betul akan adanya aksi pada hari ini setelah salat Jumat di Kedubes Singapura," ujar Korlap Aksi PP Perisai Muhammad Senanatha dalam keterangan kepada wartawan, Jumat (20/5).

Dihubungi terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan mengatakan pihaknya telah menerima pemberitahuan terkait aksi demo di Kedubes Singapura tersebut.

"Sudah," ucap Zulpan.

Berikut ini 3 tuntutan massa Perisai yang disampaikan dalam pemberitahuan ke Polda Metro Jaya:

1. Mengecam dan mengutuk keras atas tindakan perbuatan tidak menyenangkan yang dilakukan oleh Imigrasi Singapura terhadap Ustaz Abdul Somad.
2. Meminta Kedutaan Besar Singapura yang ada di Indonesia memberikan klarifikasi dan meminta maaf secara terbuka.
3. Usir Duta Besar Singapura karena telah mengusir Ustaz yang dihormati oleh rakyat Indonesia.

Simak Video: Singapura Tolak UAS, Anggota Komisi 1 DPR: Bentuk Kedaulatan Negara

[Gambas:Video 20detik]




(rak/rak)